Minggu, 30 Agustus 2015

891 Ribu Penduduk Bandar Lampung Wajib KTP

Senin, 1 Agustus 2011 11:08

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Bandar Lampung Syahrir Sanusi mengatakan, dari 1,2 juta jiwa jumlah penduduk Kota Bandar Lampung, 891 ribu di antaranya merupakan wajib KTP. "Jumat lalu 891 ribu lebih data terbaru wajib KTP sudah terekam Depdagri," ujarnya kepada Tribun, Minggu (31/7/2011).

Saat ini Disdukcapil masih menunggu pengiriman peralatan dari Depdagri untuk dipasang di masing-masing kecamatan. Di antaranya alat pendataan sidik jari (finger print), alat foto kornea mata (eyerish), alat foto wajah (kamera), alat pengambilan tanda tangan (signature), scanner, dan komputer untuk entri data.

Diproyeksi dalam satu kecamatan dibekali minimal tiga set peralatan. Pihaknya berharap dalam dua hari ke depan seluruh peralatan sudah sampai di Kota Tapis Berseri. Jadi kecamatan dapat segera melaksanakan pendataan tambahan wajib KTP di wilayah kerja masing-masing.

Kabupaten/kota yang sudah menyatakan kesiapannya melaksanakan program KTP elektronik (e-KTP) pada tahun anggaran 2011 diberikan tenggat waktu selama 102 hari sejak awal Agustus untuk menyelesaikan pendataan tambahan.

Selama dua hari, 30-31 Juli 2011, sebanyak 255 operator yang akan menangani pelaksanaan e-KTP di 13 kecamatan telah mengikuti bimbingan teknis (bimtek) di gedung Sucofindo, Garuntang, Telukbetung Selatan (TbS). Pelatihan oleh konsorsium ini dilakukan dalam rangka peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Bagi yang sudah mendapatkan rekaman, sambung Syahrir, nanti dipanggil dan diundang untuk melakukan pendataan tambahan. Mulai dari sidik jari, tanda tangan, foto wajah, foto kornea mata.

"Jika tidak ada kendala, operator membutuhkan waktu selama empat menit per orang untuk proses editing," papar Syahrir.

Halaman12
Editor: taryono
Sumber: Tribun Lampung
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas