Senin, 2 Februari 2015

Cara Memperkecil Presentase Physical Memory

Selasa, 6 September 2011 15:30 WIB

Bagian Startup Type Ganti Menjadi Disable

PADA dasarnya aplikasi yang berjalan di sebuah perangkat komputer menggunakan sumber daya (resource) berupa alokasi penggunaan RAM (Physical Memory/memori fisik) dan alokasi kerja CPU (Processor).

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka akan semakin besar juga sumber daya yang terpakai. Secara sederhana, dengan meminimalkan jumlah aplikasi yang berjalan, kita dapat menghemat alokasi sumber daya, baik RAM maupun CPU.

Dalam hal ini, aplikasi yang berjalan pada sebuah komputer terbagi dua bagian utama:  aplikasi yang berjalan secara aktif dan digunakan secara interaktif dengan pengguna dan aplikasi yang berjalan secara background atau bekerja di belakang layar.

Sebagai contoh, aplikasi yang disebutkan pertama: aplikasi Office, dimana pengguna secara interaktif menggunakan aplikasi tersebut. Sedangkan aplikasi yang bekerja dibelakang layar sebagai contoh adalah antivirus, aplikasi sensor, aplikasi automatic update dari pihak ketiga, dan lain-lain.

Tanpa kita sadari, kita banyak menginstal aplikasi yang memiliki task atau penjadwalan kerja yang bekerja tanpa kita sadari. Sehingga apabila dilihat pada Task Manager (tekan tombol Ctrl+Shift+Esc) pada tab Performance terlihat penggunaan memory yang mendekati bahkan melebihi ukuran RAM yang ada, walaupun kita belum menjalankan aplikasi apapun.

Untuk melihat apa saja aplikasi atau program yang berjalan secara background dapat dilihat dengan menggunakan aplikasi System Configuration Utility (MSCONFIG) dengan menekan tombol Windows + R, ketikkan MSCONFIG dan tekan tombol Enter.

Halaman123
Editor: taryono
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas