• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribun Lampung

Cara Memperkecil Presentase Physical Memory

Selasa, 6 September 2011 15:30 WIB
SAYA mau tanya, bagaimana caranya agar presentase physical memory dan CPU usage menjadi lebih kecil? Terima kasih.
Pengirim : +6285768429xxx

Bagian Startup Type Ganti Menjadi Disable

PADA dasarnya aplikasi yang berjalan di sebuah perangkat komputer menggunakan sumber daya (resource) berupa alokasi penggunaan RAM (Physical Memory/memori fisik) dan alokasi kerja CPU (Processor).

Semakin banyak aplikasi yang berjalan, maka akan semakin besar juga sumber daya yang terpakai. Secara sederhana, dengan meminimalkan jumlah aplikasi yang berjalan, kita dapat menghemat alokasi sumber daya, baik RAM maupun CPU.

Dalam hal ini, aplikasi yang berjalan pada sebuah komputer terbagi dua bagian utama:  aplikasi yang berjalan secara aktif dan digunakan secara interaktif dengan pengguna dan aplikasi yang berjalan secara background atau bekerja di belakang layar.

Sebagai contoh, aplikasi yang disebutkan pertama: aplikasi Office, dimana pengguna secara interaktif menggunakan aplikasi tersebut. Sedangkan aplikasi yang bekerja dibelakang layar sebagai contoh adalah antivirus, aplikasi sensor, aplikasi automatic update dari pihak ketiga, dan lain-lain.

Tanpa kita sadari, kita banyak menginstal aplikasi yang memiliki task atau penjadwalan kerja yang bekerja tanpa kita sadari. Sehingga apabila dilihat pada Task Manager (tekan tombol Ctrl+Shift+Esc) pada tab Performance terlihat penggunaan memory yang mendekati bahkan melebihi ukuran RAM yang ada, walaupun kita belum menjalankan aplikasi apapun.

Untuk melihat apa saja aplikasi atau program yang berjalan secara background dapat dilihat dengan menggunakan aplikasi System Configuration Utility (MSCONFIG) dengan menekan tombol Windows + R, ketikkan MSCONFIG dan tekan tombol Enter.

Pada tab Startup, terdapat daftar beberapa aplikasi yang berjalan secara background, Anda dapat bereksperimen dengan menghilangkan tanda ceklis pada aplikasi tersebut kecuali antivirus. Restart computer Anda dan lihat perubahan yang terjadi. Ceklis kembali satu persatu jika salah satu fungsi di computer Anda menjadi tidak aktif.

Lebih lanjut, terdapat juga service windows (aplikasi kecil yang merupakan bawaan windows) yang cukup rakus menggunakan memory, yaitu Indexing Service. Kegunaan utama dari indexing tersebut adalah menomori atau mengindeks file yang ada di dalam media penyimpanan agar dapat mempercepat dalam pencarian.

Namun indexing ini nyatanya membutuhkan alokasi memory yang tidak sedikit. Anda dapat dengan aman menonaktifkan servis ini. Caranya dengan menekan tombol Windows + R, ketik SERVICES.MSC dan tekan tombol Enter.

Pada jendela yang muncul, cari Indexing Service, klik kanan pada item tersebut dan pilih Properties. Pada bagian STARTUP TYPE, ganti menjadi DISABLED. Restart computer Anda. Setelah restart, bukalah My Computer dan klik kanan pada Drive C, pilih Properties. Hilangkan Ceklis pada "Allow Indexing Service to index this disk for fast file searching". Lakukan juga pada drive yang lain.

Jika setelah itu ternyata penggunaan memory masih besar, Anda dapat mencoba aplikasi autoruns milik Microsoft yang dapat didownload di situs http://technet.microsoft.com/en-us/sysinternals/bb963902 dan pada aplikasi ini Anda dapat melihat seluruh aplikasi yang berjalan dibelakang layar.

Anda dapat menonaktifkan aplikasi background yang benar-benar dirasa tidak perlu dan secara ekstrim penggunaan memori dapat diturunkan sebanyak aplikasi background yang dihentikan, namun diperlukan kehati-hatian dalam menggunakan aplikasi autoruns ini.

Namun dari sekian banyak cara menurunkan penggunaan physical memory dan CPU, adalah lebih baik dan lebih sedikit resiko jika memiliki dana lebih untuk membeli RAM (physical memory) yang lebih besar kapasitasnya dan CPU (Processor) yang lebih tinggi kinerjanya, sehingga dapat menangani lebih banyak aplikasi yang ada. (reny)

Tomi
Praktisi IT
Editor: taryono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
6841 articles 7 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas