A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Apa Penyebab Lumpuh pada Kelinci? - Tribun Lampung
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribun Lampung

Apa Penyebab Lumpuh pada Kelinci?

Minggu, 16 Oktober 2011 15:10 WIB
Saya punya kelinci beberapa ekor. Salah satunya terkena lumpuh dan matanya buta karena katarak? Apa yang penyebab lumpuh tersebut? Bagaimana cari mengobatinya? Terima kasih.
Pengirim : +6285269927xxx

Kadar Amonia yang Tinggi dalam Kandang

LUMPUH pada kelinci dapat saja terjadi pada semua umur, dan tidak terbatas pada jenis kelamin tertentu. Kelumpuhan dapat terjadi pada salah satu alat gerak, maupun keempatnya, baik kaki depan maupun belakang.

Namun yang harus dipahami bahwa lumpuh adalah merupakan gejala, bukan penyakit utamanya. Lumpuh didefinisikan sebagai suatu keadaan salah satu (atau lebih) alat geraknya (kaki) mengalami gangguan atau kegagalan untuk menopang tubuhnya dan bertumpu pada lantai (alas), sehingga pada saat berjalan mengalami kepincangan atau bahkan sampai tidak mampu untuk berjalan.

Penyebab kelumpuhan sangat beraneka ragam, mulai dari gangguan otot pada alat gerak, gangguan syaraf, defisiensi vitamin yang berkaitan dengan sistem otot dan syaraf, kadar amonia yang tinggi dalam kandang, luka pada tungkai dan telapak kaki, keracunan dan masih banyak hal lain yang dapat mengakibatkan dan memperlihatkan gejala kelumpuhan.

Pemeriksaan oleh dokter hewan mutlak diperlukan untuk mengetahui dan menegakkan diagnosa pasti atas kelinci Anda, sehingga dapat dilakukan pengobatan sesuai dengan penyebab utamanya.

Sedangkan katarak dapat merupakan suatu gejala atau penyakit utama, yaitu suatu keadaan lensa mata mengalami perubahan menjadi keruh dan cenderung menjadi terlihat putih dan keruh serta menebal.

Penyebabnya sangat bermacam macam, mulai dari genetis (bawaan lahir), gangguan nutrisi, racun, radiasi dan lain sebagainya. Sehingga diperlukan pemeriksaan oleh dokter hewan untuk menentukan diagnosa pasti, penanganan serta pengobatannya, bahkan dapat dimungkinkan untuk dilakukan tindakan operasi tergantung dari kondisi penyakitnya.

Saya sarankan periksakan kelinci Anda ke dokter hewan, agar penentuan diagnosa dan pengobatannya dapat dilakukan dengan baik dan benar. Sehingga hewan kesayangan Anda mendapatkan penanganan yang sesuai.

drh Sugeng Dwi Hastono
Dokter Hewan Praktik
07217557212 / 085369042224
Editor: taryono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas