Jumat, 26 Desember 2014
Tribun Lampung
Home » Ekbis » Market

Panen Singkong Organik 100 Ton per Hektare

Minggu, 11 Desember 2011 15:32 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id -  Hasil budidaya singkong organik untuk sekali panen umur 11 bulan patut dicermati. Bagaimana tidak, jika kapasitas tanam per hektare lahan kurang lebih 12 ribu batang dan hasil panen per batang sekitar 8 kg, maka akan diperoleh kuantitas panen di kisaran 100 ton per hektare.

"Ini berdasarkan hasil uji coba tanam singkong organik yang kami lakukan dengan menggunakan produk Ippol. Panen dilakukan di lahan percobaan Merapi, Lampung Tengah. Kini kami mengembangkan lagi (singkong organik) di area lahan satu hektare di Dono Mulyo, Lampung Timur dan Gaya Baru, Lampung Tengah di atas lahan seluas empat hektare," tutur Sugianto, Program Manager  LSM Yayasan Bimbingan Mandiri (Yabima) Metro yang bergerak dibidang pertanian, pemberdayaan masyarakat dan pengembangan ekonomi, Sabtu (11/12)
 
Dari hasil panen tersebut jelasnya, petani dapat menjual singkong organik ke pabrik tapioka. Harga jual di pasaran budidaya ini kisaran Rp 7.500 - Rp 8.000 per kg. Semakin banyak singkong yang dijual, otomatis mendatangkan keuntungan dan menyesejahterahkan para petani. (martin)
Editor: taryono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas