• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Tribun Lampung

Pupuk Majemuk Ideal Bagi Anggrek

Senin, 13 Februari 2012 14:10 WIB
Pupuk Majemuk Ideal Bagi Anggrek
TRIBUNLAMPUNG.co.id - Seperti tumbuhan lainnya, anggrek selalu membutuhkan makanan untuk mempertahankan hidupnya. Kebutuhan tanaman anggrek akan nutrisi sama dengan tumbuhan lainnya. Terlebih pertumbuhan anggrek sangat yang terbilang sangat lambat, membuat sebagian orang merasa gagaldan frustasi terhadap apa yang dilakukannya.

"Dalam memaksimalkan pertumbuhan tanaman anggrek membutuhkan unsur-unsur hara untuk pertumbuhan. Untuk mengatasi hal tersebut, pemberian pupuk baik organik maupun anorganik kepada tanaman dapat dilakukan menggunakan pupuk majemuk yaitu yang mengandung unsur makro dan mikro," ungkap Muklis kepada tribunlampung.co.id, Minggu (12/2/2012).

Kualitas dan kuantitas pupuk dapat mengatur keseimbangan pertumbuhan vegetatif dan generatif tanaman. Pada fase pertumbuhan vegetatif bagi tanaman yang masih kecil perbandingan pemberian pupuk NPK adalah 30:10:10, pada fase pertumbuhan vegetatif bagi tanaman yang berukuran sedang perbandingan pemberian pupuk NPK adalah 10:10:10. Sedangkan pada fase pertumbuhan generatif yaitu untuk merangsang pembungaan, perbandingan pemberian pupuk NPK adalah 10:30:30.

"Untuk melakukan pemupukan ke dalam pot diharapkan dapat menggunakan hanya pupuk yang larut dalam air. Dan waktu pada sore hari merupakan waktu yang baik untuk lakukan pemupukan karena pada saat itu, anggrek akan menunjukan respon pertumbuhan yang baik,"tutur pria 51 tahun ini.

Sedangkan untuk konsumsi air, tanaman anggrek yang sedang aktif tumbuh, membutuhkan lebih banyak air dibandingkan dengan yang sudah berbunga. Frekuensi dan banyaknya air siraman yang diberikan pada tanaman anggrek bergantung pada jenis dan besar kecil ukuran tanaman, serta keadaan lingkungan pertanaman. (heru prasetyo)
Editor: soni
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
29374 articles 7 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas