Citizen Reporter

Rekrut Petugas Haji seperti PNS

Saya mewakili Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung menghadiri pertemuan

A AZWAR

Kabid Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung

Melaporkan dari Jakarta


Saya mewakili Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung menghadiri pertemuan yang membahas tentang evaluasi pelaksanaan haji 2011 dan perencanaan kegiatan haji 2012.

Acara diselenggarakan di Hotel Sahid Jakarta selama empat hari, mulai 14 hingga 17 Februari mendatang. Pertemuan langsung dibuka Kementerian Kesehatan, Selasa (14/2) malam.

Dinas Kesehatan Bandar Lampung diundang dalam pertemuan ini karena berdasarkan data, jumlah jamaah haji tingkat kabupaten/kota cukup besar yakni 60 persen dari total jumlah jamaah haji se-Provinsi Lampung.

Adapun agenda kerja hari ini, Selasa, di antaranya berisi pemaparan evaluasi pelaksanaan haji 2011 dan rencana penyelenggaraan haji 2012 dari Kemenkes, Kemenag, dan otonomi daerah.

Khusus Kemenkes, dipaparkan mengenai pelaksanaan urusan haji bidang kesehatan untuk tingkat provinsi dan kabupaten/kota dan pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan pemberian vaksinasi meningitis.

Dan pada 2012 ini Kemenkes berencana melakuka perekrutan petugas kesehatan haji. Perekrutan menggunakan sistem seperti penerimaan pegawai negeri sipil dan dilakukan secara online sehingga diharapkan petugas yang direkrut berkualitas.

Untuk kabupaten/kota, perekrutan dibuka sekitar Maret atau April mendatang. Soal kuota, tergantung dari jumlah jamaah haji itu sendiri. Yakni berkisar 75 persen dari total jumlah jamaah kabupaten/kota.

Perekrutan di antaranya untuk tenaga dokter, perawat, dan petugas bidang kesehatan. Pendaftaran rencananya dilakukan secara online dan tes tertulis serta psikotest digelar di Jakarta.

Selain itu, Kemenkes juga akan segera mengumumkan calon jamaah haji (waiting list) pada tahun ini sehingga kesehatan para jamaah bisa dipantau sedini mungkin dan para jamaah bisa menjalankan ibadah dalam kondisi sehat.(yan)

Editor: Safruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved