Senin, 22 Desember 2014
Tribun Lampung

Alat Navigasi dan Komunikasi Kapal Serunting I Tidak Sempurna

Kamis, 15 Maret 2012 21:27 WIB

TRIBUNLAMPUNG.co.id-Satuan Polisi Air Polda Lampung menyatakan kapal Serunting I yang tenggelam di Teluk Belimbing, Lampung Barat, tidak memiliki peralatan navigasi dan komunikasi sempurna.

Sebenarnya dari ukuran Kapal Serunting I termasuk kapal besar karena panjangnya 99 meter dan lebar 12 meter dengan bobot kapal 2.553 grosston.

"Mestinya alat navigasi, komunikasi dan epireb ada di kapal itu, tapi ini tidak ada maka kami kesulitan mencari koordinat tenggelamnya kapal," kata Bripka Subur Nursokib, Kapospol Satuan Polisi Air, Pelabuhan Kota Agung, Kamis (15/3/2012).

Ia menambahkan dari 18 ABK hanya satu ABK yang selamat yakni Nanda Saputra. Sayangnya, ia hanya ABK bagian mesin yang hanya ada di deck bawah kapal. Maka ia pun tidak mengetahui posisi kapal tenggelam di mana karena tidak pernah ada ke deck atas.

"Kalau saja Nanda itu ABK bagian deck atas dia bisa menjelaskan kapal melalui pulau apa saja, tapi dia sendiri tidak pernah melihat pulau selama pelayaran," terang Subur.

Kemudian dari segi jumlah muatan, Kapal Serunting I tidak over kapasitas karena hanya mengangkut tiga ribu ton garam. Dibandingkan dengan bobot kapal, maka muatannya bisa mencapai sepuluh ribu ton. (tri/tribunlampung.co.id)
Editor: taryono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas