A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Anak Usia 2 Tahun 6 Bulan Susah Makan - Tribun Lampung
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 30 Juli 2014
Tribun Lampung

Anak Usia 2 Tahun 6 Bulan Susah Makan

Senin, 19 Maret 2012 15:50 WIB
Saya punya anak usia 2 tahun 6 bulan. Makannya susah sekali dan BAB-nya bisa 2 atau 3 kali sehari. Bagaimana solusinya? Terima kasih.
Pengirim: +627219014xxx

Makanan yang Diberikan Usahakan Bervariasi

Sayang sekali Anda tidak menyebutkan berapa berat badan anak dan postur tubuh anak. Tapi secara umum gangguan nafsu makan terjadi karena dua hal, yaitu karena penyakit dan akibat pola makan dan jenis makanan.

Mengenai pola makan, sangat tergantung dari jenis makanan, rasa makanan, suasana makan dan saat makan, yang membutuhkan variasi. Usahakan setiap kali memberi makan anak, jenis makanan yang diberikan selalu berubah-ubah. Dan jangan terlalu fokus memberi nasi sebagai makanan pokoknya. Sebab bisa diganti dengan roti, mi, jagung, sagu atau ketela pohon. Yang terpenting unsur 4 sehat 5 sempurna tercukupi.

Anak ibu yang sudah berumur 2 tahun 6 bulan, sudah bisa diperkenalkan pada makanan dewasa atau makanan keluarga. Namun tidak terlalu pedas atau asam. Jadi apa yang dimakan oleh keluarga juga bisa diberikan pada anak.

Untuk suasana makan, agar anak tidak bosan, sesekali diajak jalan-jalan, keliling komplek misalnya atau ke taman bermain. Jika ia sedang bermain, berikan waktu pada anak untuk menyelesaikan permainannya. Atau jika sambil nonton televisi, biarkan anak menonton. Setelah selesai baru diberi makan. Bisa juga disela-sela acara tersebut.

Waktu makan, biasanya pengosongan lambung terjadi 2-4 jam. Jadi beri jarak untuk pemberian makan anak. Tunggu lah sampai ia merasa lapar. Karena jika perutnya masih kenyang, pasti ia akan menolak diberi makan.

Hargai pilihan anak untuk memilih makanan kesukaannya. Asalkan tidak terus-terusan. Misalkan ia ingin makan mi, maka berikan saja. Asalkan besok menu makanan berubah. Dan yang terpenting cek kesehatan anak ke dokter untuk memastikan kesehatannya. Mengenai BAB yang tidak lancar, diakibatkan oleh kekurangan serat. Sehingga sistem pembuangan kotoran tidak lancar.

dr Amran Harun SpA
Spesialis Anak
RS Graha Husada
Editor: taryono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas