• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Lampung

Penjualan Emas Melonjak 700 Persen

Senin, 19 Maret 2012 22:32 WIB
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Menurunnya harga emas dalam tiga bulan terakhir sepertiinya benar-benar dimanfaatkan oleh masyarakat Lampung. Pegadaian Syariah mencatat dalam sehari penjualan logam mulia mencapai 50-200 gram meningkat dibandingkan tahun lalu yang hanya 25-50 gram per unit kantor

Pemimpin cabang Pegadaian Unit Urip Sumoharjo Edwin Fitra kala ditemui menuturkan sepertinya masyarakat berjaga jaga dalam menghadapi kenaikkan. Edwin sendiri memperkirakan kemungkinan kenaikan akan terjadi antara pertengahan bulan April.

"Angka tertinggi tahun kemarin sempat menyentuh angka 545, tidak menutup kemungkinan tahun ini melebihi angka tersebut," ujarnya, Senin (19/3).  Harga logam mulia yang direlese PT Aneka Tambang mulia per Senin yaitu Rp 511.000 per 1.000 gram.

Pegadaian Syariah Bandar Lampung sendiri terdiri delapan unit dan satu kantor cabang dengan penjualan tertinggi masih dipegang oleh kantor cabang Jalan Ahmad Yani.

Edwin menerangkan harga emas fisik di pasar domestic sebanrnya banyak dipengaruhi nilai tukar rupiah terhadap dollar AS. Sejatinya, penurunan harga emas internasional akan lebih terasa jika di saat yang sama rupiah menguat terhadap dollar AS.

Sejak akhir tahun 2011 hingga saat ini, kenaikan harga emas batangan mencapai 10,91 persen. Bandingkan dengan rata-rata return reksadana saham tiga bulan terakhir yang baru 8,81 persen. Sedangkan kenaikan Indeks harga Saham Gabungan (IHSG) sejak awal tahun baru enam persen.

Berdasarkan data tersebut, lanjut Edwin tidak berlebihan jika emas disebut sebagai instrument investasi dengan kinerja paling menjanjikan. Di tengah momok inflasi, tidak ada salahnya investor memperbesar porsi emas dalam portofolio sebagai asset lindung nilai (hedging).

"Saat yang tepat bagi masyarakat dalam memborong emas, ditengah situasi perekonomian domestik dimana ancaman inflasi akibat kenaikan bahan bakar minyak (BBM)," tuturnya.(anas)
Editor: soni
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas