Sabtu, 4 Juli 2015

Pemantauan Peradilan: Kejaksaan Mesti Evaluasi Diri

Senin, 16 April 2012 08:09

Pemantauan Peradilan: Kejaksaan Mesti Evaluasi Diri
net

"Saya kira ke depannya, kejari harus segera mengevaluasi diri di dalam melakukan eksekusi perkara korupsi. Jangan sampai kejadian Satono ini terulang lagi di kemudian hari," tandas Koordinator Pos Pemantauan Peradilan Lampung Wahrul Fauzi Silalahi kepada Tribun, Minggu (15/4/2012).

Ia mengatakan, pascaturunnya petikan, lalu salinan putusan kasasi Mahkamah Agung (MA), Kejaksaan Negeri (kejari) Bandar Lampung tidak bertindak cepat. Kejari bahkan terkesan menunda-nunda pelaksanaan eksekusi. "Padahal kejari seharusnya langsung eksekusi dengan melakukan penangkapan bukan cuma pemanggilan," tegas Fauzi.

Ia beranggapan, pemanggilan eksekusi tidak diatur di dalam Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (KUHAP). Menurut dia, KUHAP hanya mengatur tentang eksekusi pelaksaan putusan. "Jadi tidak ada yang dilanggar seandainya kejari langsung melakukan eksekusi dengan menangkap," imbuhnya.

Perkara Satono, terang Fauzi, adalah perkara korupsi yang notabene merupakan kejahatan luar biasa. Oleh karena itu, dalam penanganannya, institusi penegak hukum jangan bersikap lunak. "Apalagi banyak contoh terpidana korupsi yang kabur sebelum eksekusi," kata pria yang juga Sekretaris Jenderal Dewan Rakyat Lampung ini.

Fauzi juga menagih janji kejari yang akan menyebarkan foto Satono di tempat-tempat strategis. Menurut dia, langkah itu harus segera diambil untuk mempersempit ruang gerak mantan Bupati Lampung Timur itu.

Pengejaran yang saat ini dilakukan kejaksaan, menurut Fauzi mesti didukung dengan penyebaran foto. Karena, kata Fauzi, hal itu akan memudahkan eksekutor dalam menemukan buronannya.

Dalam upaya ini, peran serta masyarakat juga cukup penting, oleh karena itu mesti dilibatkan. "Caranya, ya dengan menyebarkan foto Satono. Jadi kalau ada masyarakat yang melihat wajah mirip Satono bisa segera menghubungi kejaksaan," jelasnya.

Halaman12
Editor: taryono
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas