• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 16 September 2014
Tribun Lampung

Menikah Harus Ada Maskawin?

Rabu, 2 Mei 2012 15:57 WIB
Apa yang dimaksud dengan mahar atau maskawin itu? Apa benar kalau kita ingin menikah harus ada maskawinnya? Terima kasih.
Pengirim: +6285211858xxx

Boleh dibayar Segera dan Boleh  Ditangguhkan

Menanggapi pertanyaan Saudara tentang mahar atau maskawin, setiap pernikahan menimbulkan kewajiban bagi suami untuk membayar maskawin kepada istrinya. Maskawin dapat berupa uang, barang atau jasa.

Maskawin yang jumlahnya ditentukan atas persetujuan calon suami istri dan disebutkan dalam akad nikah dinamakan mahar musamma, artinya mahar yang ditentukan. Apabila maskawin tidak ditentukan dalam akad nikah, artinya waktu akad nikah tidak disebut-sebut perihal maskawin, maka yang harus dibayar oleh calon suami adalah mahar mitsil. Atau  maskawin yang jumlahnya semitsal, artinya serupa dengan kawin yang dimiliki saudara-saudara si istri atau sanak keluarganya.

Maskawin boleh dibayar dengan segera dan boleh juga ditangguhkan, baik sebagian atau seluruhnya menurut persetujuan suami istri. Maskawin yang dibayar dengan segera dinamakan mahar mu'ajal, sedangkan yang ditangguhkan dinamakan muajjal.

Maskawin adalah milik istri bukan milik keluarga istri. Dan apabila belum dibayarkan, tetap menjadi piutang si istri. Karenanya, apabila suami meninggal dan maskawin belum dibayarkan, maka harta peninggalannya dibagi ahli waris, terlebih dahulu digunakan untuk membayar hutang-hutangnya termasuk maskawin. Terima kasih.

H M Syaifullah
Kepala KUA
Tanjungkarang
Editor: taryono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
35711 articles 7 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas