Citizen Reporter

Perebutan Sebilah Keris Ladrang

Festival Film Solo (FFS) kembali dihelat pada 9-13 Mei 2012

Perebutan Sebilah Keris Ladrang
Tribunlampung.co.id/IST

AJI ADITYA
Founder zoomfilmlampung.com

Melaporkan dari Solo


Festival Film Solo (FFS) kembali dihelat pada 9-13 Mei 2012. Festival film yang mengkhususkan pada film fiksi pendek ini akan memutar 31 film, yang terdiri dari 21 film kategori Ladrang (umum tingkat nasional) dan 10 film kategori gayaman (pelajar tingkat nasional). 

Selain itu juga akan ada dua retropeksi film dari sutradara kenamaan Ifa Ifansyah dan Ariani Darmawan. Yang tak kalah menarik di FFS juga menjadi ajang pertempuran seru bagi film asal kota Yogyakarta dan Jakarta adalah untuk memperebutkan sebilah keris Ladrang yang merupakan award atau hadiah untuk pemenang Ladrang Award. 

Sedangkan untuk Gayaman film asal pelajar Purbalingga bertarung dengan film asal Salatiga dan Yogyakarta. Dalam acara yang digelar di dua tempat yakni Wisma Seni, Taman Budaya Jawa Tengah (TBJT) dan Teater Besar Institus Seni Indonesia (ISI) Solo, selain menyuguhkan pemutaran film juga menghadirkan workshop singkat yang diisi oleh para pegiat film di Indonesia.

"Jadi pada FFS kali ini kita tidak hanya ada pemutaran dan diskusi film saja, tapi juga akan ada kelas Ladrang dan kelas Gayaman dimana itu akan menjadi ruang belajar bersama untuk mempelajari tentang manajemen produksi, ide cerita dan fund raising," ujar Manager Festival, Nanang Musha.

Menurut Nanang, dalam Festival Film Solo juga diputarkan dua retrospeksi, yakni Retrospeksi Ifa Ifansyah dan Retrospeksi Ariani Darmawan. Retropeksi ini kita akan melihat perjalanan karier dari seorang Ifa Ifansyah dan Ariani Darmawan lewat kompilasi dari film-film pendek mereka.

"Rencananya retrospeksi Ifa Ifansyah akan diputar pada hari Sabtu, 12 Mei sedangkan retropeksi Ariani Darmawan akan diputar pada keesokan harinya. Dalam retropeksi selain bisa menyaksikan karya para sineas tersebut, juga akan disediakan waktu diskusi dengan mereka," katanya.

Budayawan dan Sastrawan Seno Gumira Ajidarma juga akan tampil dalam ajang tersebut dengan orasi budayanya yang berjudul " Film Nasional dalam Situasi Pasca Nasional".  Menurut Nanang, orasi budaya Seno Gumira Ajidarma akan digelar pada hari Jumat tanggal 11 Mei.

Di FFS juga akan digelar launching DVD kompilasi khusus dengan judul "Fiksi Pendek Indonesia".  DVD kompilasi tersebut akan memutarkan 6 film yang tahun lalu masuk dalam festival film Solo, dan akan didistribusikan secara masif. (*)

Editor: Safruddin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved