Jumat, 19 Desember 2014
Tribun Lampung
Home » Lampung » Liwa

Begini Cara Memanen Tomat

Minggu, 27 Mei 2012 14:00 WIB

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID -  Tomat adalah komoditas hortikultura yang penting, tetapi produksinya baik kuantitas dan kualitas masih rendah. Hal ini disebabkan karena kesalahan pada awal penanaman.

Seperti tanah yang keras dan miskin unsur hara. Penyebab lainnya pemupukan tidak berimbang, serangan hama dan penyakit, pengaruh cuaca dan iklim, serta teknis budidaya petani. Itulah kenapa petani harus memperhatikan penanaman sejak awal akan mengelola lahan.

"Sementara penyakit umum yang biasa menyerang tomat adalah adanya ulat buah, pembusukan buah, maupun daun yang layu atau busuk. Penanganannya disesuaikan dengan jenis penyakit. Banyak obat yang disediakan di toko pertanian. Selanjutnya, dengan menguatkan pemberian pupuk dengan takaran yang pas," kata petani tomat di Lambar kepada Tribunlampung.co.id, Minggu (27/5/2012).

Mengenai masa panen, terusnya, tomat yang siap panen adalah tomat yang sudah berubah warna menjadi kekuningan. Pemetikan sebaiknya dilakukan dua sampai tiga hari sekali.

Sebaiknya, tutur dia, tomat yang dipanen adalah tomat yang masih dalam keadaan setengah matang dengan pengemasan yang benar. Gunakan peti kayu, agar tidak merusak tomat itu sendiri.

Masalah harga, bebernya, memang mengikuti pasaran. Terkadang pada posisi menguntungkan, terkadang malah merugi. Dikatakan dia, itu sudah menjadi konsekuensi. Namun, selama 15 tahun menggeluti dunia pertanian, dia lebih banyak merasakan keuntungan daripada tidaknya.(sulis setia markhamah)
Editor: taryono

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas