A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Rp 49-Rp 144 Juta Masuk FK Unila dan Unmal - Tribun Lampung
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 16 April 2014
Tribun Lampung

Rp 49-Rp 144 Juta Masuk FK Unila dan Unmal

Senin, 18 Juni 2012 17:52 WIB
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Mahalnya biaya masuk FK terjadi nyaris merata di seluruh Indonesia, termasuk di Lampung. Di Bumi Ruwa Jurai, kondisi ini tergambar dalam rincian dana yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa FK di Universitas Lampung (Unila) dan Universita Malahayati (Unmal) pada tahun ajaran 2012.

Dekan FK Unila dr Sutyarso mengungkapkan, pihaknya menetapkan biaya masuk bagi mahasiswa baru tahun ini adalah Rp 49 juta. Biaya itu, sudah termasuk uang sumbangan pengembangan institusi (SPI) satu semester.
 
"Setiap semester, mahasiswa dikenakan SPI Rp 9 juta. Tapi khusus semester pertama, SPI langsung digabungkan dalam biaya masuk. Biaya itu belum pasti, masih berupa estimasi fakultas, karena kami masih menunggu surat keterangan dari rektor," jelasnya, Sabtu (16/6/2012).

Ia mengatakan, biaya masuk FK Unila terhitung murah bila dibandingkan dengan universitas lain yang bisa mencapai ratusan juta rupiah. Karena itu, ia meyakini masyarakat dari lapisan ekonomi apapun masih mampu menjangkaunya.

Kalau estimasi dana itu disetujui pihak rektorat Unila, Sutyarso mengungkapkan, biaya masuk FK Unila tahun ini mengalami penurunan. Pada 2011, Unila menetapkan biaya masuk pendidikan kedokteran sebesar Rp 60 juta, dan SPI Rp 2 juta per semester.

"Penurunan biaya itu, bukan karena kapasitas tampung menurun. Sebaliknya, jumlah mahasiswa yang mampu ditampung tahun ini justru naik. Kalau tahun kemarin hanya 144, kini menjadi 150 orang," terangnya.

Di Unmal, biayanya jauh lebih tinggi. Untuk terdaftar di FK Unmal, tahun ini seorang calon mahasiswa harus menyiapkan dana sekitar Rp 104 juta. Wakil Rektor IV Unmal Drs Suharman  MPd menjelaskan, dana itu dikenakan bagi calon mahasiswa yang mendaftar sebelum SNMPTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri).

"Rp 104 juta itu untuk mahasiswa grade pertama, atau yang mendaftar sebelum SNMPTN. Sedangkan grade kedua dan ketiga, atau mendaftar setelah pengumuman SNMPTN, biayanya beda lagi. Grade kedua Rp 124 juta, dan grade tiga Rp 144 juta," ungkapnya.

Biaya masuk setiap grade, sambung Suharman, sudah termasuk biaya asrama selama tiga tahun, orientasi siswa, dan komputer jinjing yang nantinya diberikan kepada mahasiswa. "Yang membedakan besaran biaya setiap grade hanya pada sumbangan wajib dan sukarela, selebihnya sama," imbuhnya.
Editor: taryono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
39600 articles 7 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas