Citizen Reporter

Sertifikasi Mediator untuk Asah Sengketa Informasi di Daerah

Sebanyak 13 komisioner utusan dari 13 Provinsi, se-Indonesia mengikuti pelatihan sertifikasi mediator

Sertifikasi Mediator untuk Asah Sengketa Informasi di Daerah
TRIBUNLAMPUNG.co.id - Sebanyak 13 komisioner utusan dari 13 Provinsi, se-Indonesia mengikuti pelatihan sertifikasi mediator, di Jakarta., sejak Senin (18-6)

Acara pelatihan sertifikasi mediator itu dilaksanakan selama lima hari, di Hotel Morissey, Benteng Jakarta Pusat, diselenggarakan oleh Komisi Informasi Pusat bekerjasam dengan Indonesia Institute For Conflict Transformation (IICT).

Acara dibuka oleh Ketua KI Pusat Abdul Rahman Ma'mun, itu dihadiri oleh utusan KI Kepulauan Riau, Sumatera Selatan, DKI Jakarta, Banten, Kalimantaan Timur, DI Jogjakarta, Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Tengah, dua Komisi Informasi Pusat Henny Widyaningsih, dan  Ramly Amiin Simbolon, dan sembilan orang unsur asisten ahli komisi informasi pusat.

Acara pelatihan diisi berbagai materi diskusi, ceramah, dan simulasi terkait peran mediator, menghadirkan pembicara Sri Mamudji SH, M.LL, Atja Sondjaja SH (mantan hakim Agung RI), Lita Arijati SH, LLM, Siti Megadianty Adam SH, MEL, Marlindah Sumampow SH, LL.M, dan TM Luthfi Yazid, SH, LL.M (Praktisi Media).

Ketua KI Pusat dalam sambutannya mengatakan, kegiatan tersebut dalam rangka memberikan kemampuan para komisioner daerah dalam menjalankan tugasnya dalam menangani sengketa informasi di daerah. "Ini merupakan program KI Pusat bekerjasama dengan IICT dalam rangka meningkatan kemampuan Komisioner dalam melaksanakn tugasnya menyelesaikan sengketa informasi didaerah," kata Aman Ma'mun.

Direktur Eksekutif IICT Sri Mamudji mengatakan IICT merupakan lembaga yang aktif dalam mengembangkan mediasi di Indonesia dengan surat akreditasi dari mahkamah agung RI Nomor KMA\043\SK\VII\2004 diperpanjang Surat Akreditasi MA RI Nomor KMA\097\SK\VII\2009.

"IICT membantu mengembangkan dan mensosialisasikan mediasi kepada masyarakat dengan menyelenggarakan pelatihan dan pendidikan mediator bersertifikasi. Selama ini IICT sudah setidaknya melaksanakan 45 kali angkatan pelatihan dasar mediator, yang sudah melahirkan sekitar 900 orang mediator bersertifikat dengan beragam latar belakang pendidikan dan profesi seperti hakim, dokter, akademisi, pengacara, tokoh adat, pengusaha dan lain. Dan saat ini adalah komisioner KI,"katanya. (*)

Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved