1 Liter Premium, Mitsubishi Mirage Tempuh 44,39 Km

Produsen mobil boleh mengklaim secara subyektif dan menyatakan efisiensi bahan bakar produk terbarunya paling irit dibanding kendaraan lain.

1 Liter Premium, Mitsubishi Mirage Tempuh 44,39 Km
net
Mitsubishi Mirage
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Produsen mobil boleh mengklaim secara subyektif dan menyatakan efisiensi bahan bakar produk terbarunya paling irit dibanding kendaraan lain. Tapi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) melakukan hal berbeda untuk membuktikan tingkat efisiensi city car andalannya, Mirage.

Agen pemegang merek (APM) Mitsubishi di Indonesia mengajak sekaligus menantang para wartawan untuk membuktikan keiritan Mirage melalui kompetisi yang dikemas dalam "Mirage Eco-Smart Drive Ultimate Challange" di Bridgestone Paving Ground, Karawang, Jawa Barat,  beberapa hari lalu.

Hasilnya, kendaraan bermesin tiga silinder dengan kapasitas 1.200 cc tersebut membukukan pencapaian 44,39 kilometer untuk setiap satu liter bahan bakar minyak (BBM) yang digunakannya.

Dalam kegiatan sehari ini, KTB menyiapkan 10 unit Mirage untuk mengikuti dua jenis lomba irit. Empat unit terdiri dari dua unit model GLS matik, dan dua unit GLX manual diterjunkan ke lomba "Real on Road Challange".

Masing-masing kendaraan ditumpangi dua orang peserta, dengan rute dari kantor pusat KTB di Jalan A Yani menuju Karawang sejauh 68,8 km. Kecepatan tempuh kendaraan rata-rata 70km/jam, plus dalam kondisi AC menyala.

Dengan kondisi tersebut Mirage terbukti terbaik di kelasnya dengan pencatatan sebesar  44,39 km per liter untuk jenis manual, dan 37,19 km per liter untuk  jenis otomatis. Metode pengukuran menggunakan sistem "full to full', yakni dengan mengisi penuh tangki bahan bakar sebelum dan setelah eco-driving selesai, dengan bantuan gelas ukur.

Sedangkan untuk enam unit lain (tiga unit GLS matik dan tiga unit GLX manual) khusus diperuntukkan mengikuti lomba "Ultimate Challange" yang diikuti lebih dari 35 wartawan. Di sini peserta diminta mengitari dua lap lintasan pavin berjarak sekitar 3,8 km dengan waktu tempuh maksimum 6 menit 40 detik.

Dalam tantangan ini, konsumsi bahan bakar dilihat melalui menu Average Fuel Consumption yang terdapat di Multi Information Display (MID) kendaraan. Hasilnya pun tak kalah memuaskan, konsumsi BBM Mirage mampu menyentuh angka 27,0 km per liter untuk jenis manual, dan 25,3 km per liter untuk transmisi otomatis.

Direktur Pemasaran KTB Rizwan Alamsjah mengatakan, melalui kegiatan tersebut Mitsubishi perlu menguatkan image Mirage ke konsumen. "Mitsubishi (Indonesia) belum pernah punya mobil kecil. Kebetulan, Mirage ini punya tiga keunggulan, tidak hanya pada interior dan fitur-fitur, tapi juga teknologinya, termasuk di antaranya efisiensi bahan bakar," jelas Rizwan dalam rilisnya kepada Tribun, Minggu (9/12).

Keunggulan tersebut, kata Rizwan tidak cukup jika hanya diinformasikan saja. Karena perlu ada pembuktian. Dengan dua jenis kompetisi itulah, sambung Rizwan, ingin dibuktikan ketangguhan, kenyamanan, dan iritnya Mirage bermesin tiga silinder 1.200 cc 12 katup DOHC yang dilengkapi teknologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve Electronic).

Head of Public Relations KTB Intan Vidrasari menambahkan, "Event ini jadi momen penting karena dari fitur dan konsumsi bahan bakar sangat ekonomis. Melalui dua model lomba yang berbeda tantangan dan gaya mengemudi akan didapat hasil sesungguhnya."

Meskipun hasil pencapaian yang dilakukan para awak media yang berkapasitas sebagai "eco-driver" telah terbukti. Tapi, kata Intan, konsumen pun bisa mencapai angka yang baik dan keiritan yang maksimal bersama Mirage bila telah mengetahui cara mengemudi dengan eco-manner.

"Pembuktian Mirage sebagai city car yang ideal juga masih akan dilakukan dengan kegiatan lainnya, yang keseluruhannya kami persembahkan untuk konsumen di Indonesia agar dapat yakin memilih produk berkualitas yang terbaik,"ungkap Intan.(*/her)

Ikuti kami di
Editor: muhammadazhim
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2016
About Us
Help