• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 21 September 2014
Tribun Lampung

Dua Terdakwa Pemerkosaan Ini Diganjar 8 Tahun Penjara

Rabu, 26 Desember 2012 21:45 WIB
Dua Terdakwa Pemerkosaan Ini Diganjar 8 Tahun Penjara
net
ilustrasi
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Majelis hakim Pengadilan Negeri (PN) Kalianda menjatuhkan hukuman 8 tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsider 90 hari kepada dua terdakwa kasus pemerkosaan terhadap anak di bawah umur di Desa Beringin pada 6 Oktober 2012 lalu.

Dua terdakwa yang dijatuhi hukumam tersebut yakni Maizi Pratama alias Panji (17) dan Andi Rendi Asmara (16).

Dalam amar putusannya pada persidangan Rabu (26/12/2012), mejelis hakim PN Kalianda diketuai oleh Afit Rufiadi dengan hakim anggota AA Oka PBG, dan Aryo Widiatmoko menyatakan, kedua terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana sebagaimana diatur dalam pasal 80 ayat (3), pasal 81 ayat (1) UU RI Nomor 23 Tahun 2002 Tentang Perlindungan Anak jo pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHP.

Dimana dalam pertimbangannya, mejelis hakim PN Kalianda mengatakan bahwa hal yang memberatkan perbuatan kedua diluar batas kemanusiaan dan mengakibatkan korban meninggal dunia. Selain itu, dalam persidangan sering memberikan keterangan yang berbelit-belit.

Sementara hal yang meringankan, keduanya merupakan anak-anak yang kondisi emosinya labil. Sebab keduanya berasal dari keluarga yang kurang harmonis. Keduanya pun berlaku sopan dan keduanya bukanlah pelaku.

Putusan mejelis hakim PN Kalianda tersebut lebih rendah dari tuntutan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Kalianda yang menuntut keduanya dengan tuntutan 10 tahun penjara dan denda Rp. 100 juta subside 90 hari wajib latihan kerja.(dedi)
Editor: muhammadazhim
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
106173 articles 7 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas