• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribun Lampung

Tokek Kuning Bikin Heboh di Malang

Rabu, 20 Maret 2013 16:09 WIB
Tokek Kuning Bikin Heboh di Malang
Kompas/Dahlia Irawati
Leopard Gecko, salah satu jenis tokek India yang unik dalam pameran reptil di Mall Olympic Kota Malang, 20-23 Maret 2013.
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Puluhan tokek warna warni membuat heboh warga Kota Malang. Dengan lemah gemulai, tokek-tokek tersebut beraksi di depan pengunjung pameran reptil di Mall Olympic Garden Malang, Rabu (20/3/2013).

Pameran reptil yang berlangsung hingga 23 Maret 2013 tersebut menampilkan beragam reptil seperti tokek impor warna warni (gecko), landak mini, beraneka ragam jenis ular, kura-kura, dan sejumlah reptil menarik lain.

Salah satu jenis reptil yang menarik banyak pengunjung adalah tokek (gecko). Tokek yang dipamerkan bukan sembartang tokek, namun merupakan peranakan tokek India. Uniknya, warna tokeknya rata-rata cerah seperti kuning, oranye, atau abu-abu keunguan. "Jenis gecko ini jinak alam. Artinya cocok bagi penghobi reptil untuk dipelihara," ujar Taufan, pemilik reptil gecko asal Surabaya.

Taufan menceritakan, awalnya ia mengimpor tokek tersebut dari India di tahun 2009. Pertengahan 2009, ia mulai bisa menernakkan dan menyilangkan sendiri gecko-gecko tersebut. Harga gecko bervariasi mulai dari yang termurah Rp 150.000 hingga termahal Rp 5 juta per ekor. "Harganya tergantung warna, bentuk badan, dan keunikannya," ujar Taufan.

Usia gecko mencapai 10 tahun. Untuk memeliharanya cukup mudah hanya diberi makan jangkrik 5 ekor dua hari sekali, diberi minum, dan dibersihkan kandangnya. "Yang terpenting usahakan ia jauh dari suara bising, sebab ia bisa stress," ujar Taufan.

Taufan mengatakan, memelihara gecko bisa menjadi salah satu gambaran di mana manusia dan hewan sebenarnya bisa hidup berdampingan dengan damai.(*)
Editor: muhammadazhim
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas