• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Lampung

Ini Partai Paling Terkorup Versi Lembaga Survei Nasional

Minggu, 24 Maret 2013 14:39 WIB
Ini Partai Paling Terkorup Versi Lembaga Survei Nasional
ist
demokrat
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lembaga Survei Nasional (LSN) menyampaikan hasil survei mengenai partai politik. Hasilnya, Partai Demokrat dinilai partai yang paling korupsi.

"Demokrat menurut persepsi publik merupakan partai terkorup," kata Direkturt Eksekutif LSN, Umar S Bakry di  dalam jumpa pers di Hotel Atlet Century, Senayan, Jakarta, Minggu (24/3/2013).

Umar mengatakan faktor Mantan Ketua Umum Demokrat Anas Urbaningrum yang menjadi tersangka turut membuat partai tersebut terpuruk.

Umar juga mengatakan sentimen negatif terhadap Partai Demokrat dan partai-partai pendukung pemerintah semakin membesar. "Image Demokrat sebagai partai korup semakin menguat di persepsi publik," imbuhnya.

Umar juga mengungkapkan partai koalisi khususnya partai Islam  juga dinilai cenderung konservatif atau anti perubahan. Partai-partai koalisi juga dianggap kurang pro terhadap masalah-masalah riil rakyat banyak.

Dalam survei LSN, Demokrat menempati posisi pertama sebagai partai paling korup dengan presentase 70,4 persen, diikuti Partai Golkar di posisi kedua dengan 5,7 persen, dan Partai Keadilan Sejahtera 3PKS) di tempat terakhir dengan 4,4 persen.

Sedangkan untuk partai bersih, LSN mengatakan Hanura sebagai partai yang banyak dipilih sebagai partai yang tergolong bersih atau kadernya jarang tersangkut kasus korupsi. "Hanura paling banyak dipilih responden sebagai partai bersih," ucap Umar.

Dengan citra itu, lanjut Umar, tidak salah jika Hanura mendapatkan dukungan dari 10 partai non parlemen dan sejumlah tokoh nasional.

"Citra sebagai partai bersih dan solidaritas jajaran partai telah menjadikan Hanura sebagai partai seksi yang mulai menarik minat simpatisan partai lain," ujarnya.

Dalam survei ini, Hanura berada di posisi teratas sebagai partai paling bersih dengan presentase 13,5 persen, diikuti Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dengan 9,2 persen, dan Partai Gerindra di tempat terakhir dengan 8,5 persen.

Adapun, survei LSN ini dilakukan pada 1-15 Maret 2013 di 33 Provinsi seluruh Indonesia. Populasi dari survei adalah seluruh penduduk Indonesia yang telah memiliki hak pilih dengan jumlah sample 1.230 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang atau multistage random sampling.

Margin eror dalam survei ini sebesar 2,8 persen. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara tatap muka kepada responden yang berpedoman pada quisioner. Survei ini juga dilengkapi dengan riset kualitatif melalui wawancara mendalam dan analisi media.(*)
Editor: muhammadazhim
Sumber: Tribunnews
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
163164 articles 7 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas