A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Gejala Penyakit Jantung Ada yang Mirip Maag - Tribun Lampung
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 1 Agustus 2014
Tribun Lampung

Gejala Penyakit Jantung Ada yang Mirip Maag

Senin, 25 Maret 2013 10:38 WIB
Laporan Reporter Tribun Lampung, Noval Andriansyah

TRIBUNLAMPUNG.co.id -
Masyarakat harus mewaspadai penyakit jantung dengan cara mengenali gejala-gejalanya. Pasalnya, penyakit mematikan tersebut kerap menyerang secara tak terduga, tanpa peduli seseorang dalam keadaan lemah atau sehat sekalipun.

Baru-baru ini, penyanyi yang juga presenter acara olahraga Ricky Jo meninggal dunia tiba-tiba karena penyakit jantung. Padahal, saat kejadian, kondisi pria yang gemar bermain sepakbola ini terbilang cukup sehat.

Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandar Lampung dr Boy Zaghlul Zaini mengungkapkan, gejala-gejala penyakit jantung di antaranya seperti merasakan sakit maag, nyeri pada ulu hati, hingga sesak nafas.

"Kalau infark inferior (pembuluh darah tersumbat di bagian bawah jantung), gejalanya kadang-kadang mirip sakit maag, nyeri pada ulu hati, atau sesak nafas," ujar Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Bandar Lampung dr Boy Zaghlul Zaini melalui telepon, Minggu (24/3).

Sementara jika kategorinya adalah infark superior (pembuluh darah yang tersumbat di bagian atas jantung), gejalanya biasanya berupa nyeri pada dada yang tidak hilang- hilang, kemudian menjalar ke lengan kiri hingga punggung atas.

"Kemudian, semakin lama semakin sakit dan sesak. Itu karena pembuluh darah jantungnya tersumbat, sehingga ada daerah-daerah tertentu di jantung yang tidak mendapat pasokan oksigen," beber Boy.

Jantung, menurut Boy, tidak boleh kekurangan oksigen dalam jangka waktu lama. Sebab, hal tersebut bisa mengakibatkan jantung berhenti berfungsi. "Kalau dada sakit di sebelah kiri, kemudian menjalar ke lengan dan punggung plus sesak nafas, harus cepat ke dokter," sarannya.

Kasus meninggalnya aktor Adjie Massaid seusai berolahraga juga patut menjadi perhatian. Boy meminta masyarakat tidak menyepelekan kondisi kelelahan seusai berolahraga yang membuat kalori habis.

"Faktor kelelahan, kalorinya habis. Kemudian, lemak yang berasal dari depot lemak, pecah menjadi kalori. Karena mendadak pecahnya lemak tersebut, masih ada butiran lemak yang ikut dalam peredaran darah. Lalu, menyangkut di pembuluh darah jantung yang akhirnya menyumbat," terang Boy.

"Artinya, setiap orang yang meninggal mendadak tanpa sebab, biasanya akibat serangan jantung. Karena, jantung kan pusat kehidupan, salah satu organ vital," imbuhnya.
Editor: soni
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas