• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 30 Oktober 2014
Tribun Lampung

10 Film Indonesia dari Adaptasi Novel

Kamis, 16 Mei 2013 16:38 WIB
LAPORAN REPORTER TRIBUN LAMPUNG HERU PRASETYO

Film Cinta Brontosaurus yang diadaptasi dari novel best seller Raditya Dika, mengingatkan kita pada sejumlah film yang juga laris di pasar sepanjang sejarah industri film Indonesia. Berikut TRIBUNLAMPUNG.CO.ID rangkum sejumlah judul film adaptasi novel yang sukses di jaringan bioskop Indonesia.

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi adalah sebuah film garapan sutradara Riri Riza yang dirilis pada 26 September 2008. Film ini merupakan karya adaptasi dari buku Laskar Pelangi yang ditulis oleh Andrea Hirata. Skenarionya ditulis oleh Salman Aristo yang juga menulis naskah film Ayat-Ayat Cinta dibantu oleh Riri Riza dan Mira Lesmana. Hingga kini Laskar Pelangi menjadi film box office karena telah berhasil ditonton oleh 4,6 juta orang, dan menjadikannya film terbanyak ditonton di Indonesia.

2. HABIBIE DAN AINUN
Sebuah film drama Indonesia yang dirilis pada tanggal 20 Desember 2012. Film ini dibintangi oleh Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari dan Tio Pakusadewo. Film ini diangkat dari memoir yang ditulis Habibie mengenai mendiang istrinya, Hasri Ainun Habibie, dalam buku Habibie dan Ainun. Jumlah penonton yang berhasil dicatatkan oleh film ini pun fantastis yaitu 4.427.024 penonton sejak dirilis.

3. AYAT AYAT CINTA
Film ini merupakan karya Hanung Bramantyo yang dibintangi oleh Fedi Nuril, Rianti Cartwright, Carissa Putri, Zaskia Adya Mecca, dan Melanie Putria. Diadaptasi dari novel best seller karya Habiburrahman El Shirazy, film ini merupakan film religi yang berlatarkan kehidupan di Kairo. Film ini pun masuk jajaran tiga besar film sepanjang masa dengan raihan penonton sebanyak 3.581.947.

4. 5 CM
Novel karangan Donny Dhirgantoro ini melalui proses yang cukup panjang sebelum akhirnya diadaptasi masuk ke layar lebar. Filmnya sendiri dirilis pada 12 Desember 2012. Menceritakan kisah persahabatan lima anak manusia yang masing-masing diperankan Fedi Nuril, Raline Shah dan Herjunot Ali film ini sukses di masyarakat. Rizal Mantovani berhasil menyedot 2.390.154 penonton menyaksikan Semeru sebagai latar film tersebut.

5. BANGUN LAGI DONG LUPUS
Kepopuleran novel LUPUS yang tak pernah mati dikalangan remaja membuat Eko Patrio tertarik membuat reboot LUPUS. Eko berkata jika film ini akan mengalami perombakan di sana-sini walau tak akan menghilangkan jati diri sosok rekaan Hilman Hariwijaya tersebut. Bangun Lagi Dong Lupus di rilis pada Februari 2013.

6. PERAHU KERTAS
Meski tidak sepopuler novelnya, film yang diambil dari novel karangan Dewi "Dee" Lestari ini  masuk ke layar lebar dalam dua bagian. Perahu Kertas 1 dan Perahu Kertas 2, keduanya dipisahkan, karena durasi filmnya yang terbilang panjang untuk film Indonesia. Berkisah tentang kisah cinta unik antara Kugy dan Keenan yang dikenal dengan pertautan radarnya.

7. RECTOVERSO

Selain PERAHU KERTAS, adaptasi berdasar tulisan Dee ialah RECTOVERSO. Bukunya terbilang unik karena gabungkan dua unsur yakni cerpen dan musik. Dalam versi filmnya, RECTOVERSO disutradarai oleh 5 aktris cantik yang namanya tentu sudah tidak asing lagi. Mereka adalah Marcella Zalianty, Rachel Maryam, Happy Salma, Cathy Sharon dan Olga Lydia.


8.  9 SUMMERS 10 AUTUMNS
9 SUMMERS 10 AUTUMNS adalah novel laris tulisan Iwan Setyawan berdasar pengalaman hidupnya yang begitu dramatis. Kesuksesan bukunya membuat rumah produksi baru segera mengadaptasi filmnya. Adaptasi ini disutadarai oleh Ifa Isfansyah yang sebelumnya sukses dengan adaptasi SANG PENARI. Filmnya dibintangi oleh Ihsan Taroreh yang diplot memerankan sosok Iwan.

9. Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck

Selain 5 CM, Intercine Soraya Films bakal adaptasi novel Buya Hamka bertajuk TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK. Meski yang diluncurkan melalui situs resmi Soraya hanya teaser poster, namun adaptasi ini bakal menjadi film yang patut diantisipasi kehadirannya. Melalui akun twitternya, Herjunot Ali mengaku ikut casting untuk film ini.

10. Edensor
EDENSOR adalah film ketiga dari tetralogi LASKAR PELANGI karangan Andrea Hirata. Di sutradarai oleh sutradara muda Putrama Tuta yang sebelumnya sukses dengan CATATAN HARIAN SI BOY.  (heru prasetyo)

Editor: taryono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas