• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Lampung

Forum Dosen Ingin Selamatkan Unila

Minggu, 26 Mei 2013 08:18 WIB
Forum Dosen Ingin Selamatkan Unila
ist
toga (ilustrasi)
TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Forum Dosen Universitas Lampung akan menemui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk meminta kementerian terkait menindaklanjuti hasil pemeriksaan Inspektorat Jenderal Kemendikbud terkait skripsi bermasalah di Unila.

Forum dosen sudah mengumpulkan tanda tangan untuk dibawa ke Jakarta."Kasus ini merugikan nama baik Unila.Makanya, kami meminta supaya pengusutan dilakukan sampai tuntas," kata  Guru Besar Fakultas Pertanian Unila Prof Dr Ir Sutopo Ghani Nugroho Msc, Sabtu (25/5/2013).

Pembentukan Forum Dosen Unila merupakan hasil kesepakatan pertemuan para dosen Unila di Fakultas Pertanian, Jumat (24/5/2013) pukul 14.00 WIB.

Sutopo mengatakan, sekitar 30 orang dosen menghadiri pertemuan tersebut. Forum menunjuk Mantan Rektor Unila Prof Dr Ir Muhajir Utomo MSc sebagai koordinator.

"Forum Dosen Unila ini dalam rangka penyelamatan Unila atau save Unila. Sejak Jumat, kami mulai mengumpulkan tanda tangan para dosen. Senin (27/5/2013) nanti, kami akan sampaikan keinginan kami beserta tanda tangan para dosen ke Kemendikbud," kata Sutopo.

Menurut Sutopo, pihak-pihak yang harus bertanggung jawab pada persoalan ini adalah para pemilik kebijakan di lingkungan Unila. Mereka harus mendapatkan sanksi apabila membuat kebijakan yang tidak sesuai aturan.

"Kalau ada informasi program studi Ilmu Komunikasi justru yang akan dibekukan karena kasus ini, saya kira tidak tepat. Kesalahan bukan pada program studi. Kami tentu akan membela kalau sampai malah program studi Ilmu Komunikasi yang dibekukan," ujar Sutopo.

Ia mengungkapkan, Forum Dosen Unila akan meminta Itjen Kemendikbud supaya menindaklanjuti hasil investigasi yang telah dilakukan tim beberapa waktu.

Selain itu, kata Sutopo Forum Dosen Unila juga akan mendorong rektor supaya segera membatalkan ijazah Fajrian, yang diindikasikan diterbitkan tidak sesuai prosedur.
 
Fajrian merupakan mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi FISIP Unila.
"Poin ini merupakan permintaan dari para dosen FISIP. Mereka ingin supaya ijazah Fajrian segera dibatalkan," kata Sutopo.

Dosen Ilmu Pemerintahan FISIP Unila Dr Ari Darmastuti MA membenarkan permintaan supaya pencabutan gelar dan pengembalian ijazah Fajrian harus segera dilakukan.

"Menurut kami, gelar tersebut tidak berhak didapatkan. Karena, prosedur untuk mendapatkan gelar tersebut tidak sesuai. Kami meminta supaya gelar dicabut dan ijazah dikembalikan," tegas Ari.
 
Keinginan tersebut, menurut Ari, merupakan kesepakatan dosen FISIP. Mereka pun telah menandatangani surat pernyataan yang disampaikan kepada anggota Senat Unila. "Kami sudah sampaikan kepada Pak Muhajir selaku anggota Senat Unila. Kami minta hal ini diteruskan sampai ke Kemendikbud," kata  Ari.


baca juga:

baca juga:
E-paper dan Digital
Editor: taryono
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
212243 articles 7 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas