Empat Jenis Kutil yang Umum Menyerang Manusia

Menurut Yeni, para ahli kesehatan membagi kutil menjadi empat jenis

Laporan Reporter Tribun Lampung Ferika O Romanto

TRIBUNLAMPUNG.co.id - Menurut Yeni, para ahli kesehatan membagi kutil menjadi empat jenis, yakni common warts (verruca vulgaris), verrucas (plantar warts), plane warts (verruca plana), dan filiform warts (verucca filiformis).

"Untuk jenis common warts, yakni jenis kutil berpermukaan kasar serta teksturnya berupa benjolan menebal, biasa disebut papula atau plak. Kutil ini sering timbul buku jari, jari, siku dan lutut. Kebanyakan memiliki bintik-bintik kecil gelap yang berasal dari pembuluh darah beku," terang perempuan berjilbab ini.

"Jenis kutil kedua (verrucas), biasanya muncul di telapak kaki, kadang-kadang di tumit dan jari kaki. Jenis ini dapat menyakitkan dan biasanya tumbuh ke dalam kulit karena adanya tekanan dari telapak kaki. Ciri khasnya memiliki titik hitam di tengah dengan daerah putih disekitarnya yang mengeras," sambung Yeni.

Sedangkan jenis plane warts, lanjut Yeni, biasanya berbentuk bulat, datar, mulus, dan umumnya berwarna kekuningan, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit penderitanya. Jenis kutil terakhir adalah filiform warts, berbentuk panjang dan biasanya ditemukan pada kelopak mata, leher, dan ketiak.

"Sifat dari penyakit ini jinak, dan sebagian besar kutil tidak memerlukan perawatan medis, karena kebanyakan kutil bisa hilang dengan sendirinya. Namun, jika kutil tersebut menimbulkan rasa nyeri, mudah berdarah, menyebar ke daerah lain atau tumbuh kembali setelah hilang. Maka, sebaiknya jangan sepelekan penyakit kulit ini," imbuh Yeni

Menurutnya, langkah paling bijak yang dapat diambil, yakni dengan sesegera mungkin berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan terbaiknya. Sedangkan untuk pencegahannya, yakni menghindari faktor penyebab serta terus berupaya menjaga kekebalan tubuh dengan baik.(fer) 

Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved