Ibadah Haji 2015

Dua Toilet Dipersiapkan untuk Antisipasi Kebiasaan Calhaj

Mengantisipasi kebiasaan jamaah calon haji (calhaj), Hotel Tayeb menyediakan dua jenis toilet di setiap kamar mandi dalam kamar jamaah.

Dua Toilet Dipersiapkan untuk Antisipasi Kebiasaan Calhaj

Laporan Reporter Tribun Lampung Ridwan Hardiansyah

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Mengantisipasi kebiasaan jamaah calon haji (calhaj), Hotel Tayeb menyediakan dua jenis toilet di setiap kamar mandi dalam kamar jamaah. Kedua jenis toilet itu adalah toilet duduk dan toilet jongkok.

Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Sektor 6 Mekkah, Jajang Apipudin menuturkan, pembuatan dua toilet menjadi inisiatif pihak hotel.

"Mungkin karena ada jamaah yang tidak bisa menggunakan toilet duduk, dibuat juga toilet jongkok," ucap Jajang, Minggu (6/9/2015).

Hotel Tayeb, lanjut Jajang, hanya beroperasi selama musim haji. Hotel yang menjadi Kantor Sektor 6 Mekkah itu pun baru disewa Pemerintah Indonesia tahun ini.

"Sebelumnya, disewa Turki. Jadi, mungkin bukan jamaah Indonesia saja yang hanya bisa menggunakan toilet tertentu. Sehingga, pemiliknya berinisiatif membuat dua jenis toilet di setiap kamar mandi," papar Jajang.

Selain toilet, kamar mandi dilengkapi dengan air pancuran (shower) dan wastafel.

Penulis: Ridwan Hardiansyah
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved