TribunLampung/

Enjoy Lampung

Berburu Kain Tapis di Galeri Desainer Kenamaan Lampung

Nilai estetik tapis itu real. Dia dikerjakan dengan penuh kesungguhan hati. Kalau kain lain hanya ditenun.

Berburu Kain Tapis di Galeri Desainer Kenamaan Lampung
Tribun Lampung / Perdiansyah
Koleksi kain tapis lawas yang dimiliki oleh Raswan Tapis di Jalan Wolter Monginsidi. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Heru Prasetyo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kain tapis, sulam usus dan batik Lampung adalah tiga wastra andalan Lampung yang kini telah bertransformasi dalam aneka bentuk produk fesyen. Ia bukan lagi produk yang eksklusif di beberapa kalangan. Tidak lagi hanya sebagai pelengkap dalam kegiatan ritual adat Lampung. Lebih dari itu, ketiganya kini bisa digunakan oleh siapa saja lepas dari latarbelakang budaya dan tradisi tentunya.

Bagi anda yang berasal dari luar lampung pun, kini dapat dengan mudah memiliki kain tapis sebagai buah tangan saat berkunjung ke Lampung. Salah satu lokasi yang bisa jadi rujukan anda adalah House of Kebaya & Raswan Tapis Fashion Designer.

Raswan sendiri adalah seorang desainer, peneliti sekaligus kolektor tapis kenamaan Sai Bumi Ruwa Jurai. Hasil karyanya tidak hanya dapat dinikmati oleh masyarakat Lampung, namun telah merambah ke luar daerah seperti Jakarta, Bali, hingga ke negeri Sakura, Jepang,

"Beberapa dekade belakangan memang tapis sudah kian dapat dijangkau. Dalam artian, penggunaannya kian meluas. Ia telah melewati sekat budaya," ungkap Raswan Tapis kepada Tribun saat ditemui di galeri miliknya. "Tapis pun sudah menjelma ke berbagai macam bentuk produk fesyen," lanjut dia.

Tribun Lampung / Okta Kusuma Jatha
Satu helai kain tapis bisa memakan waktu hingga beberapa bulan untuk rampung dan layak digunakan.

Kurang lebih 16 tahun menggeluti tapis dan kebudayaan Lampung, tiap karya yang dibuat Raswan merupakan sebuah karya masterpiece. Semua dikerjakan dengan hati, penuh dengan cinta.

Sebagai informasi untuk anda, untuk mencipta sehelai tapis, Raswan masih amat tradisional. Bahan- bahan ia desain sendiri, begitu juga dengan alat produksinya. Dalam proses produksi ia menggandeng masyarakat setempat yang memiliki kemampuan dalam menapis, hingga akhirnya rampung an dipajang di galeri miliknya.

"Nilai estetik tapis itu real. Dia dikerjakan dengan penuh kesungguhan hati. Kalau kain lain hanya ditenun. Tapis dikerjakan double, ditenun iya, disulam juga iya. Tiap helai tapis miliki niali filosofi yang berbeda. Jika orang yang paham arti seni, tapis adalah masterpiece," ungkap dia.

Tribun Lampung / Okta Kusuma Jatha
Salah satu koleksi Tapis di Ninda Art Shop di Jalan Jendral Sudirman.

Maka jangan heran bila kolektor amat memburunya untuk dijadikan koleksi tiada ternilai harganya. Tapis sudah milik internasional, Amerika, Jepang, Belanda adalah beberapa negara yang kerap warga negaranya menjadikan tapis sebagai buruan. Diburu untuk koleksi, diburu untuk diteliti.

"Apapun itu, masyarakat harus bangga akan capaian tapis. Bukan hanya tapis, sulam usus dan kain batik juga. Kalau masyarakat dunia saja respect, kenapa orang kita malah tidak. Itu kan aneh," sesal dia.

Jika anda berminat dengan keindahan dan kemegahan kain tapis, anda bisa mengunjungi galeri milik Raswan di Jalan Wolter Monginsidi No 159J, Teluk Betung. Bandar Lampung setip hari dari pukul 09.00-21.00 WIB. Di sana anda tidak hanya menemukan tapis, sebab Raswan juga menyediakan, tapis, songket, batik Lampung, serta bahan kebaya.

Tribun Lampung / Okta Kusuma Jatha
Harga kain tapis di pasaran memiliki rentang harga yang bervariasi tergantung ukuran, tingkat kesulitan dan usia.

Lalu berapa harga yang ditawarkan Raswan untuk karya hasil buatan tangannya? Untuk harga baju anda bisa menebusnya dengan kisaran harga mulai dari Rp100.000 - Rp500.000. Sedangkan untuk kain tapis harga yang dikenalkan mulai dari Rp1.200.000 hingga tak terhingga, dan batik Lampung Rp200.000-Rp400.000.

"Memang di luaran banyak tapis yang dijual di bawah harga standarnya. Tapi kita bicara kualitas, dan detail dari tapis itu sendiri, sebab yang di produksi kami adalah produk limited edition, enggak ada duanya di tempat lain," tegas dia.

House of Kebaya & Raswan Tapis Fashion Designer
Jl. Wolter Monginsidi No. 159J, Teluk Betung.
Telp +62 821-8309-6199

Penulis: heru prasetyo
Editor: Heribertus Sulis
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help