TribunLampung/

4 Tips Hindari Tagihan Kartu Kredit Membengkak

Kartu kredit memang memberi kemudahan pembayaran serta fasilitas cicilan, bahkan tanpa bunga.

4 Tips Hindari Tagihan Kartu Kredit Membengkak
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kartu kredit memang memberi kemudahan pembayaran serta fasilitas cicilan, bahkan tanpa bunga.

Namun yang perlu diingat, belanja pakai kartu kredit membuat si pemiliknya harus bersikap cerdas. Alih-alih ingin memiliki barang impian, jumlah pengeluaran justru membengkak nantinya.

Nah, berikut tips agar tak mudah tergoda belanja cicilan kartu kredit menurut Tejasari dari Certified Financial Planner.

Tagihan seolah kecil, tapi nyatanya besar
Tagihan kartu kredit memang seolah kecil karena sudah dibagi beberapa bulan. Sayangnya, tagihannya akan semakin berlipat dengan pembelian banyak barang. Ujung-ujungnya tanpa kita sadari, utang kita sudah berlipat ganda.

Bedakan kebutuhan atau keinginan
Selalu bertanya setiap mau menggunakan manfaat cicilan 0 persen tersebut, apakah ini kebutuhan atau keinginan. Perbedaannya ialah, barang yang kita butuhkan, tentu saja perlu untuk dibeli. Kalau ada uangnya, bayar saja langsung secara tunai tanpa harus menggunakan kartu kredit. Kalau uangnya baru ada setelah gajian, maka kita menggunakan kartu kredit dan dibayar semuanya pada tanggal jatuh tempo. Tidak perlu mencicil kalau memang ada dananya. Kalau ini hanya sekadar keinginan, maka tahan diri agar tidak membuang uang untuk barang yang sebenarnya tak perlu.

Jangan menganggap enteng cicilan 0 persen
Walaupun program cicilan 0 persen membuat tagihan sangat kecil dan dirasa tidak akan menganggu keuangan kita, tetapi kalau semakin banyak barang yang kita beli dan semuanya dicicil, maka tanpa disadari akan semakin menumpuk total tagihan kartu kredit.

Jangan membawa kartu kredit saat berpergian santai dan sekadar nongkrong
Jika Anda termasuk yang susah sekali untuk tidak berbelanja, sebaiknya tidak membawa kartu kredit saat pergi ke mal atau pusat perbelanjaan. Bawa saja kartu debit, dengan dana yang sudah tersedia. Kartu debit akan sangat membantu kita untuk menahan diri dari berbelanja barang yang tidak penting, karena dana yang tersedia juga terbatas.

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Surya
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help