Citizen Reporter

Kemiskinan Dampak Ketidakadilan Distribusi Pembangunan Nasioanal

Kebijakan strategis yang harus dilaksanakan oleh pemerintah adalah merumuskan kebijakan yang tepat dalam upaya pengentasan kemiskinan (pro-poor).

Citizen Reporter: Dr Deddy Winarwan melaporkan dari Universitas Leiden, Belanda.

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, AMSTERDAM - Pengamat Kebijakan Publik Universitas Bandar Lampung Deddy Winarwan didaulat menjadi salah satu narasumber dalam seminar internasional di Van Vollenhoven Institute Leiden University, Amsterdam, yang digelar 23 mei 2016.

Dalam seminar itu, ia mempresentasikan mengenai pentingnya program-program pembangunan nasional yang berpihak terhadap desa.

Dijelaskan dia, persoalan kemiskinan saat ini adalah dampak dari ketidakadilan distribusi pembangunan nasional yang tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah.

Kebijakan strategis yang harus dilaksanakan oleh pemerintah adalah merumuskan kebijakan yang tepat dalam upaya pengentasan kemiskinan (pro-poor) serta mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagaimana yang telah diamanatkan dalam UUD 1945.

Strategi tersebut dengan melakukan revitalisasi penyelenggaraan pemerintahan desa untuk mewujudkan desa yang kuat, maju, mandiri dan demokratis.

Deddy Winarwan menjadi pembicara mewakili indonesia dalam seminar internasional yang diselenggarakan di Van Vollenhoven Institute Leiden University.

Seminar diadakan atas kerjasama dengan Norwegian Centre for Human Rights (NCHR) University of Oslo, KITLV Belanda dan Asian Modernities and Traditions (AMT).

Seminar Internasional mengusung tema “New Law, New Villages : Changing Rural Indonesia” di Negara Belanda dalam rangka membahas dinamika perubahan Tata Kelola Pemerintahan Desa pasca diberlakukannya UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa. (wen)

Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help