Bukit PJR Sajikan Panorama Bukit dan Perkotaan

Jangan bilang pernah ke Pringsewu kalau belum meyaksikan ibu kota kabupaten berjuluk 'Seribu Bambu' ini dari ketinggian.

Bukit PJR Sajikan Panorama Bukit dan Perkotaan

Laporan Reporter Tribun Lampung R Didik Budiawan 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Jangan bilang pernah ke Pringsewu kalau belum meyaksikan ibu kota kabupaten berjuluk 'Seribu Bambu' ini dari ketinggian.

Wilayah ini terlihat indah dengan dipercantik panorama bukit-bukit menghijau. Kala malam, terihat kerlip lampu di pemukiman Pringsewu yang merebak bak bintang di langit. Pemandangan ini dapat disaksikan dari Bukit PJR ( Panjirejo).

Letaknya di pekon Panjirejo, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu. Sehingga nama pekon melekat ke nama bukit itu. Untuk menemukan lokasi ini pun mudah, wisatawan dari arah Bandar Lampung dapat mengambil jalur jalan di simpang Buluk Karto. Maju sedikit dari tugu gajah mengangkat barbel.

Atau persimpangan sebelum jembatan Buluk, ke kiri terus megikuti ruas jalan kabupaten yang beraspal. Sementara bila dari arah Tanggamus, bisa megambil ke kanan setelah jembatan atau sebelum tugu gajah megangkat barbel.

Masuk ke kawasan itu pun tidak jauh. Hanya  2,5 Km pengunjung akan menemukan simpang tiga di Pekon Panjirejo. Tidak jauh dari persimpangan itu, Bukit PJR ada di sisi sebelah kanan.

Pemuda setempat, sudah pasti meyambut para pengunjung yang menyediakan lahan parkir. Bukit PJR ini memiliki ketinggian sekitar 1300 meter dari permukan laut. Oleh krena itu, untuk mendapatkan view yang baik, pengunjung musti mendaki bukit tersebut.

Wajar saja bila menguras tenaga dan keringat, pasalnya jalan yang dititi selain setapak juga terjal. Kemiringannya mencapa 80 derajat. Tapi jangan khawatir, karena panitia telah meyiapkan rute tersebut dengan memangkas tanah menjadi brundak seperti anak tangga.

Bagi yang tidak terbiasa, wajar bila nafasnya tersengal-sengal. Serta mandi kringat. Namun jangan khawtir pengunjung kehabisan air untuk minum. Sebab, di sejumlah titik rute jalan terdapat warga yang menjual minuman mineral dan soft drink.

Setibanya di area pengunjung bisa menikmati pemandangan, pengunjung bisa melihat panorama bukit, dan pemukiman di perkotaan Pringsewu, serta sawah yang membentang. Tidak heran, bila para pengunjung selalu mengabadikan diri dengan latar keindahan alam itu, baik lewat camera HP maupun camera foto.

Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved