TribunLampung/

Manajemen Buruk Tak Buat May Ratri Terpuruk, Ini Rahasia Kesuksesan Anaya Salon Spa

Meski saat ini telah meraih kesuksesan, pemilik Anaya Salon Spa, May Ratri ternyata pernah lebih dulu merasakan kegagalan.

Manajemen Buruk Tak Buat May Ratri Terpuruk, Ini Rahasia Kesuksesan Anaya Salon Spa
TRIBUN LAMPUNG/Jelita Dini Kinanti
May Ratri.

Laporan Reporter Tribun Lampung Jelita Dini Kinanti

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Meski saat ini telah meraih kesuksesan, pemilik Anaya Salon Spa, May Ratri ternyata pernah lebih dulu merasakan kegagalan.

Ia bahkan sempat menutup usaha salonnya karena penghasilan yang terus menurun.

Ibu empat anak itu menceritakan, tahun 2011, sambil belajar di sebuah sekolah salon dan spa, May membuka salon kecil di Yogyakarta.

Namun, salon dan spa itu tidak bertahan lama. Tahun 2013, ia terpaksa menutupnya karena penghasilannya terus menurun.

"Salah satu faktor yang menyebabkan penurunan penghasilan karena manajemennya yang berantakan. Saat itu, saya lebih banyak menghabiskan waktu untuk belajar. Sementara, salon saya percayakan kepada karyawan. Akhirnya, manajemennya berantakan," ujar wanita kelahiran Purworejo, 1 Mei 1991 itu.

Namun, May tak patah arang. Tahun 2014, ia membuka salon bernama Anaya Salon Spa. May pun berniat tidak ingin mengulangi kesalahan yang sama. Ia ingin membuat sebuah manajemen yang bagus dan merekrut sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Selain, penyediaan pelayanan dan fasilitas yang lebih lengkap.

Di awal pendirian, May berjuang keras mempromosikan salonnya. Ia menyebar brosur hingga ke lampu lalu lintas dan tempat mahasiswa sering berkumpul, seperti di tempat makan.

Di bulan pertama, orang yang datang ke salonnya hanya sedikit. Tapi, May tidak mempermasalahkannya.

Selain terus berpromosi, May juga memberikan pelatihan dan sekolah kepribadian kepada karyawannya. Tujuannya, pelayanan di salonnya selalu meningkat.

Perjuangan May tidak sia-sia. Konsumen yang datang terus meningkat. Dalam satu hari, setidaknya, ada 50 konsumen yang datang.

Ia pun melebarkan sayap bisnisnya dengan membuka Anaya Salon Spa 2 di Jalan Teuku Umar, Bandar Lampung. Salon itu akan soft opening tanggal 25 Agustus 2016.

Dalam rangka menyambut soft opening, ada promo paket head tutu Rp 175 ribu. Paket tersebut meliputi body spa, scrub massage 45 menit, sauna body, steam body, masker, berendam, sam footbed, mini totok wajah, dan hair creambath.

Promo tersebut belum ada batasan waktu. Kemungkinan, May menerangkan, promo bisa diberikan hingga tiga bulan.

Penulis: Jelita Dini Kinanti
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help