TribunLampung/

Enjoy Lampung

Sajian Menu Pecel Lele Haji Budiman Sangat Menggoda Lidah

Saat berkunjung ke rumah makan Pecel Lele Haji Budiman, tentu kurang rasanya bila tidak mencicipi menu andalan rumah makan satu ini

Sajian Menu Pecel Lele Haji Budiman Sangat Menggoda Lidah
Tribun Lampung/Ana Puspita

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Saat berkunjung ke rumah makan Pecel Lele Haji Budiman, tentu kurang rasanya bila tidak mencicipi menu andalan rumah makan satu ini, apalagi kalau bukan pecel lele.

Di rumah makan ala lesehan yang beralamat di Jalan Teuku Cik Ditiro No 14 Kemiling, Bandar Lampung ini, anda akan disuguhi dengan menu pecel lele yang menggoda lidah untuk segera mengecapnya.

Nasi putih hangat menjadi teman dari lele yang menjadi bagian utama pada menu ini, tidak lupa pula lalapan segar mulai dari mentimun, daun kemangi dan kol putih yang membuatnya semakin komplit.

Dalam satu porsi pecel lele, ada dua ekor lele yang sudah digoreng garing disajikan untuk anda, meskipun garing di luar, lele ini tetap menyisakan bagian yang lembut pada daging di dalamnya.

Tidak boleh ketinggalan
tentunya adalah sambalnya, sambal yang dimaksud adalah sambal segar berupa campuran dari cabe, bawang juga tomat yang diuleg agak kasar sehingga masih menyisakan tekstur tomat yang tidak hancur.

Ada tambahan berupa cabe keriting yang dipotong kecil-kecil lalu disertakan dalam sambal tersebut, juga jeruk untuk diperas guna menambah aroma dan citarasa pada si sambal itu sendiri.

Ada satu lagi komponen dari hidangan pecel lele yang belum disebut, yakni sayur asem dalam satu mangkuk sedang, isinya berupa potongan jagung manis, kacang panjang, daun melinjo dan juga kacang tanah, tentu semakin membuat pecel lele ini semakin segar ya.

"Lelenya gurih, sambalnya juga rasanya pas ada asam dan pedasnya. Iya, ditambah dengan sayur asem jadi tambah mantap," ujar salah satu pengunjung yang memesan menu pecel lele, Dwi.

Ucapan Dwi ada benarnya, saat dicicipi, menu ini tidak mengecewakan, nasi putih yang pulen dipadukan
dengan daging lele yang lembut dan sambal dengan sensasi pedas, agak manis dan asam segar, cocok sekali untuk makan siang.

Belum lagi sayur asemnya, tekstur sayurnya tidak terlalu lunak sehingga masih terasa di mulut, pun kuah segarnya yang seolah sayang untuk tidak diseruput hingga tetes terakhirnya.

Untuk minumannya, agar semakin segar, bisa memilih es teh manis, bila anda ingin memesan es jeruk ataupun berbagai varian jus untuk menemani menu ini juga tidak ada salahnya.

Sebagai informasi, ada banyak menu lain seperti olahan ayam, bebek, ikan mas dan juga udang serta cumi tersedia di Pecel Lele Haji Budiman sebagai alternatif menu untuk pengunjung.

Menu Pecel Lele di Pecel Lele Haji Budiman
-Dua ekor lele goreng yang garing di luar dan lembut di bagian dagingnya
-Ada sambal segar dengan sensasi pedas, sedikit manis dan asam sebagai pendampingnya
-Semangkuk sayur asem sebagai pelengkapnya
-Bisa dipasangkan dengan es teh manis, es jeruk atau berbagai varian jus buah yang tersedia. (ana)

Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help