TribunLampung/

Enjoy Lampung

Pelepasan 1.883 Balon Hingga Pesta Topeng Jadi Penyemarak Pawai Budaya

Pelepasan balon yang secara langsung dilakukan oleh Gubernur Lampung didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung dan jajaran pejabat.

Pelepasan 1.883 Balon Hingga Pesta Topeng Jadi Penyemarak Pawai Budaya
Tribunlampung/Ana
Pelepasan 1.883 balon di Lampung Krakatau Festival 2016 

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Lampung Krakatau Festival 2016 kini telah mencapai hari terakhir pada Minggu (28/8/2016), dengan acara berupa pawai budaya bertajuk Jelajah Semarak Budaya.

Sesuai dengan namanya, agenda ini dilakukan dalam bentuk karnaval dengan peserta yang mengusung khasanah kekayaan budaya khas dari daerah masing-masing yang termasuk dalam wilayah Provinsi Lampung.

Lampung Festival Krakatau sendiri sejatinya adalah salah satu bentuk agenda untuk mengenang kembali kejadian alam mahadahsyat yang menimpa Lampung, yakni meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883 silam.

Sebagai simbolis peringatan peristiwa tersebut, maka dalam Jelajah Semarak Budaya ini disematkan satu prosesi pelepasan 1.883 balon ke udara sebagai pengingatnya.

Pelepasan balon yang secara langsung dilakukan oleh Gubernur Lampung didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Lampung dan jajaran pejabat di Lampung berlangsung dengan meriah diiringi suara terompet dan riuh tepuk tangan pengunjung hingga balon mengudara.

Tidak sampai disitu saja, suasana kian semarak dengan diadakannya Pesta Topeng dimana hal ini disebut mengandung filosofi kesetiaan masyarakat yang bahkan rela menjadi 'mata-mata' untuk menjaga baktinya kepada pemimpin dan daerahnya.

Ada lebih dari 1500 orang mengenakan topeng berbagai bentuk yang telah disiapkan oleh penyelenggara sebelumnya, mulai yang berbentuk ornamen mahkota khas Lampung dan jenis topeng lainnya dalam warna yang berbeda-beda pula.

Tribunlampung/Ana

Dalam kesempatan tersebut, Pesta Topeng yang dilakukan dalam Jelajah Semarak Budaya, Lampung Krakatau Festival 2016 kali ini sekaligus dianugerahi penghargaan berupa pemecahan Rekor Muri untuk peserta terbanyak dalam pesta topeng.

Pesta Topeng tersebut membawa kesan kegembiraan bagi masyarakat Lampung dan tentunya seluruh pengunjung yang hadir dalam acara tersebut, musik khas pun diputar sehingga suasana menjadi lebih riang dan semarak.

"Seru lihat pesta topengnya, bagus-bagus dan bisa memecahkan rekor Muri juga, keren. Semoga tahun depan lebih semarak lagi," komentar salah satu pengunjung dalam acara tersebut, Vera.

Sebagai bagian acara pada hari terakhir Lampung Krakatau Festival 2016, dilakukan gala dinner oleh jajaran pemerintahan, duta besar dan juga tamu undangan lainnya.

Pelepasan 1883 Balon
-Peringatan peristiwa meletusnya Gunung Krakatau pada tahun 1883
-Dilanjutkan Pesta Topeng dengan lebih dari 1500 peserta
-Topeng memiliki arti filosofi tentang kesetiaan masyarakat kepada pemimpin dan daerahnya
-Pesta Topeng Lampung Krakatau Festival 2016 dianugerahi penghargaan Rekor Muri. (ana)

Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help