TribunLampung/

Banyak yang Sudah Memakai, Puan: Tapi Belum Paham Makna Corak Batik

Puan sekaligus mengapresiasi siswa sekolah menengah kejuruan, yang terlibat di dalam acara pameran batik itu.

Banyak yang Sudah Memakai, Puan: Tapi Belum Paham Makna Corak Batik
Kompas.com
Menko PMK Puan Maharani saat berkunjung ke Institut Seni Indonesia di Padang Panjang, Sumatera Barat, Jumat (29/4/2016). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, JAKARTA - Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani mengapresiasi banyak orang Indonesia, khususnya kaum muda, yang menjadikan batik sebagai busana sehari-hari.

Namun di sisi lain, Puan merasa prihatin. Sebab, tidak seluruh pengguna batik mengetahui arti dan makna filosofis corak batik, yang dia kenakan.

"Sekarang, banyak orang menggunakan batik. Tapi, generasi muda, misalnya, banyak yang juga belum paham arti dan makna corak batik itu sendiri," ujar Puan, saat membuka Pameran Batik Nusantara di Museum Nasional, Jakarta, Minggu (2/10/2016) pagi.

Diketahui, pameran yang digelar Yayasan Batik Indonesia itu dalam rangka merayakan Hari Batik Nasional, yang jatuh tepat pada tanggal hari ini.

Puan sangat mendukung acara pameran batik semacam itu. Selain semakin mendorong agar masyarakat mencintai produk negeri sendiri, pameran itu juga dapat menjadi ajang pemberian informasi mengenai makna corak batik.

Puan sekaligus mengapresiasi siswa sekolah menengah kejuruan, yang terlibat di dalam acara pameran batik itu.

"Maka, jika murid-murid SMK mencoba mempelajari itu (makna corak batik nusantara), itu sangat bagus," ujar Puan.

Menurut politikus PDI Perjuangan tersebut, pemerintah kini tengah mengembangkan sekolah kejuruan, di mana kearifan lokal menjadi landasannya. Batik merupakan salah satunya.

Dalam acara itu, Puan diberi kehormatan untuk membuka pameran. Pembukaan pameran dilakukan dengan simbolisasi pengguntingan pita.

Usai menyampaikan sambutan, Puan membuka pameran dengan simbolisasi pengguntingan pita. Puan kemudian meninjau Pameran Batik Nusantara dengan melihat dan mendengarkan penjelasan mengenai batik, yang dipamerkan panitia.

Turut hadir mendampingi Puan, Ketua Umum Yayasan Batik Indonesia Yultin Ginanjar Kartasasmita, istri Wakil Gubernur DKI Jakarta Heppy Djarot Saiful Hidayat, dan perwakilan dari Kementerian Perindustrian.

(Fabian Januarius Kuwado)

Editor: Ridwan Hardiansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help