Enjoy Lampung

Cicipi Lumpia Basah ala Warung Esya, Porsinya Banyak Rasanya Juga Nendang

Secara keseluruhan, rasa dari lumpia ini pedas cenderung gurih dengan manis yang pas, tauge dan bengkoangnya terasa kress di lidah.

Cicipi Lumpia Basah ala Warung Esya, Porsinya Banyak Rasanya Juga Nendang
Tribunlampung/Ana
Lumpia Basah 

Laporan Wartawan Tribun Lampung Ana Puspita

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Siapa yang tidak familiar dengan lumpia, makanan yang satu ini seringkali dijumpai di kedai-kedai penjual makanan kecil, maupun dibuat sendiri di rumah sebagai camilan karena proses pembuatannya yang dianggap cukup mudah.

Seringkali kita menemui lumpia baik dengan isian sayuran seperti wortel, rebung atau mungkin dipadukan dengan disisipi daging yang kemudian digoreng hingga garing dan ditemani dengan cabe saat menikmatinya.

Namun, ternyata ada juga lho lumpia yang tidak disajikan dengan digoreng seperti yang sudah terbiasa kita makan, namanya lumpia basah, kuliner ini adalah jajanan khas Kota Kembang, Bandung.

Tidak perlu jauh-jauh ke Bandung untuk anda yang penasaran dan ingin mencicipi kuliner yang satu ini, cukup datang saja ke Jalan Sultan Agung, Kedaton Bandar Lampung, anda akan menemukan hidangan lumpia basah yang dijajakan di Warung Esya.

Di kedai sederhana yang letaknya di sisi Masjid Mua'wanah ini, setiap harinya disediakan lumpia basah dengan harga Rp 6 ribu untuk satu porsinya, kedai ini buka mulai pukul 08.00 pagi hingga 14.00 siang saja, jadi bila anda kebetulan tengah melintas, tidak ada salahnya kok untuk mampir dan icip-icip si lumpia basah ini.

Yuk kita cari tahu proses memasaknya, pertama-tama, tumis bumbu berupa cabe rawit hingga sedikit layu dan mengeluarkan aroma, setelah itu, diberilah satu butir telur ayam yang diorak-arik hingga bercampur rata dengan cabe yang sudah dimasukkan sebelumnya.

Lalu, tambahkan tauge dan bengkoang yang sudah diiris-iris serupa batang korek api, diaduk rata dan dikucuri dengan saus gula merah untuk memberikan rasa yang semakin mantap, aduk kembali hingga beberapa saat.

Di tempat yang lain, siapkan kulit lumpianya, gelar satu lembar kulit lumpia dan olesi dengan saus gula merah di permukaannya, setelah itu, seluruh bahan yang sudah ditumis ditaruh diatas kulit lumpia dan lumpia basah siap dinikmati.

Lumpia Basah2
Lumpia basah

"Kita cabenya pakai cabe rawit kampung neng, jadi sedikit aja sudah nyus. Kalau lumpia basah ini bisa buat cemilan, bisa juga dimakan pakai nasi karena kan ada sayuran dan telurnya juga," terang pemilik kedai yang sudah buka sekitar satu bulan yang lalu ini.

Lumpia basah sudah jadi, saatnya menikmati.

Secara keseluruhan, rasa dari lumpia ini pedas cenderung gurih dengan manis yang pas, tauge dan bengkoangnya terasa kress di lidah karena proses menumisnya yang tidak terlalu lama, sementara kulit lumpia, yang dibuat sendiri, begitu lembut dengan sensasi manis dari saus gula merah yang dioleskan diatasnya.

Satu porsi lumpia basah ini cukup besar lho, sayuran yang diberikan banyak dan satu butir telur digunakan untuk membuat satu porsi lumpia, rasanya begitu nendang dan lezat di lidah.

Menu Lumpia Basah

-Rp 6 ribu per porsi dengan sayuran yang melimpah dan citarasanya yang nendang di lidah
-ada di Warung Esya Jl. Sultan Agung, Kedaton, Bandar Lampung (samping Masjid Muawanah)
-Buka pukul 08.00 pagi hingga 14.00 siang.

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved