Perusahaan Swasta di Lampung Belum Serahkan Arsip Statis

Perusahaan swasta di Lampung belum ada yang menyerahkan arsip statis ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung.

Perusahaan Swasta di Lampung Belum Serahkan Arsip Statis
TRIBUN LAMPUNG/Yoga Noldy Perdana
Herlina Warganegara. 

Laporan Reporter Tribun Lampung Yoga Noldy Perdana

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG – Perusahaan swasta di Lampung belum ada yang menyerahkan arsip statis ke Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung.

Padahal merujuk Undang-Undang Kearsipan Nomor 43 Tahun 2009, setiap instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta wajib menyimpan arsip di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung.

“Arsip statis seperti undang-undang, peraturan daerah, peraturan gubernur, dan lain-lain. Semua Instansi pemerintahan maupun perusahaan swasta wajib menyerahkan arsip statisnya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung. Arsip statis itu akan disimpan di depo arsip kami, dan akan tersimpan dengan aman di brankas besi yang antiapi,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Lampung, Herlina Warganegara, Jumat (24/2/2017).

Perusahaan swasta yang belum menyerahkan arsip statis, menurut Herlina, terjadi kemungkinan karena ketidaktahuan atas kewajiban tersebut.

“Kami akan terus menginfokan, melakukan sosialisasi mengenai undang-undang kearsipan ini secara periodik, agar pihak perusahaan dan instansi mengetahui dan segera menyerahkan arsip statisnya kepada kami,” kata Herlina Warganegara.

Penulis: Yoga Noldy Perdana
Editor: Ridwan Hardiansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help