TribunLampung/

Kenapa Obat Antibiotik Tak Mesti Dihabiskan?

Dan saat mengonsumsi obat antibiotik, kita juga disarankan untuk menghabiskannya meski gejala flu sudah hilang.

Kenapa Obat Antibiotik Tak Mesti Dihabiskan?
www.motherjones.com
ilustrasi antibiotik 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Para ahli menyarankan kita harus mencuci tangan terutama saat sedang flu untuk membersihkan kuman penyakit yang ada di tangan. 

Dan saat mengonsumsi obat antibiotik, kita juga disarankan untuk menghabiskannya meski gejala flu sudah hilang.

Sebenarnya, kenapa kita harus menghabiskan antibiotik hingga habis? Jawaban yang biasa kita dapat adalah supaya antibiotik bisa benar-benar menghilangkan virus atau kuman penyakit dalam tubuh.

Bila kuman tak benar-benar hilang, nantinya kita akan lebih mudah terserang penyakit dan membutuhkan antibiotik dengan dosis yang lebih besar. 

Namun, ada juga ahli yang mengatakan lain.

Meskipun banyak dikatakan bahwa obat antibiotik harus dihabiskan, namun ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa kita bisa menghentikan konsumsi antibiotik meskipun belum kita habiskan. 

Menghabiskan antibiotik ternyata bisa meningkatkan risiko tinggi terkena alergi, masalah ginjal, masalah pada sel darah, atau juga gangguan pada liver, seperti yang dikatakan oleh Louis Rice, MD, kepala departemen kesehatan di Warren Alpert Medical School di Brown University.

Menurut Rice, mengonsumsi antibiotik bahkan setelah tubuh sudah sehat akan memberi waktu bagi bakteri untuk bisa menangkal antibiotik itu sendiri.

Ke depannya, bakteri tersebut justru akan lebih mudah menyerang sistem kekebalan tubuh. 

Secara umum, bila tubuh sudah kembali sehat, berarti sistem imun kita sudah normal untuk menangkal serangan penyakit. Namun, jika masih merasa ragu, lebih baik segera berkonsultasi pada dokter. 

Sumber : www.prevention.com

Editor: taryono
Sumber: Antara
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help