Raden Muhammad Mangoendiprodjono, Namanya Diabadikan di Jalan di Kedamaian

Mayor Jendral TNI (Purn) Raden Muhammad Mangoendiprojo merupakan residen (gubernur) pertama Lampung. Misi yang dibawa saat menjadi residen pertama

Laporan Reporter Tribun Lampung Dewi Anita

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Mayor Jendral TNI (Purn) Raden Muhammad Mangoendiprojo merupakan residen (gubernur) pertama Lampung. Misi yang dibawa saat menjadi residen pertama yakni mengendalikan keamanan di daerah Lampung.

Muhammad Mangoendiprojo lahir di Sragen 5 Januari 1905 dan meninggal di Bandar Lampung 13 Desember 1988 pada usia 83 tahun. Dia adalah seorang pejuang kemerdekaan dan perwira militer Indonesia dan ikut serta dalam pertempuran Surabaya pada 10 November 1945. Dia diangkat sebagai pahlawan nasional Indonesia oleh Presiden Joko Widodo pada 7 November 2014.

Sebelum menjadi residen Pertama di Lampung, dia berkarir di bidang Militer. Setelah selesai berkarir di bidang militer, Muhammad Mangoendiprojo ditugaskan sebagai Bupati Ponorogo dari tahun 2951 sampai 1955 yang salah satu misinya mengamankan daerah Madiun setelah pemberontakam PKI Muso pada tahun 1948.(*/det)

Tags
Kedamaian
Penulis: Dewi Anita
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help