Anak Tertua Keberadaannya Tidak Dianggap Keluarga

Yth Psikolog. Kenapa saya masih saja tidak dianggap keluarga saya, padahal saya anak yang paling tua sehingga hal ini membuat saya sedih?

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth Psikolog. Kenapa saya masih saja tidak dianggap keluarga saya, padahal saya anak yang paling tua sehingga hal ini membuat saya sedih? Mohon solusinya.

Pengirim: +6285769854xxx

Perbaiki Sisi Negatif

Kami terangkan bahwa orangtua biasanya tidak bermaksud untuk membeda - bedakan kasih sayang di antara anaknya dan orang tua yang bijaksana akan berusaha membagi kasih sayang secara adil kepada anak -anaknya.

Perlakuan yang membedakan ini terkadang membuat anak menjaga jarak dengan orangtua dan terkadang menjadikan dendam bagi anak.

Untuk saat ini kedudukan anda adalah anak yang paling tua sehingga membuat anda terluka karena orang ua kurang mempedulikan anda.

Bagaimanapun kedudukan anda adalah anak sehingga secara kewajiban agama, etika dan aturan masyarakat dan sosial anda harus menghormati dan menghargai orang tua.

Hal - hal yang bisa anda lakukan adalah :

1. Tunjukkan bahwa anda adalah anak tua yang bisa dipercaya dan mampu sebagai pengganti orang tua sehingga orang tua yakin dengan kemampuan yang anda miliki,
2. Bantulah orangtua untuk membersihkan rumah sehingga orangtua tahu bahwa anda layak disayang dan dibanggakan,
3. Tekunlah dengan sekolah atau pekerjaan yang anda miliki biasanya orangtua lebih respek dengan anak yang rajin dan tekun,
4. Cobalah raih hati orangtua, misalnya dengan menanyakan apa yang bisa anda bantu atau menawarkan makanan kesukaan orangtua,
5. Cari tahu apa yang menyebabkan orangtua kurang menganggap anda,
6. Perbaikilah sisi negatif diri anda di mata orang tua sehingga sisi positif anda lebih menonjol.

Retno Riani MPSi
Psikolog

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help