TribunLampung/

Tingginya Persyaratan Bikin Petani Ogah Melego Beras ke Bulog

selain HPP yang rendah enggannya petani menjual hasil panen ke Bulog juga karena persyaratkan kadar air yang diberlakukan.

Laporan Reporter Tribun Lampung Dedi Sutomo

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, KALIANDA - Ketua PPNSI (Perhimpunan Petani Nelayan Seluruh Indonesia) Provinsi Lampung Antoni Iman mengatakan, selain HPP yang rendah enggannya petani menjual hasil panen ke Bulog juga karena persyaratan kadar air yang diberlakukan.

Cukup tingginya persyaratan ini membuat para petani banyak yang kesulitan untuk bisa memenuhinya. Apalagi jika saat panen terjadi hujan tentu kualitas jemuran petani tidak sempurna.

“Persyaratan ini cukup banyak dikeluhkan petani. Mereka pun akhirnya lebih memilih menjual ke penampung umum. Beras mereka diterima dengan baik, meski ada klasifikasi kualitas. Tapi seluruhnya diterima,” terang Antoni Iman, Rabu (8/3).

Ia pun maklum bila Bulog memberikan standar khusus. Pasalnya beras yang diserap akan disimpan dalam jangka panjang sebagai cadangan. Jika kondisi beras tidak baik, tentu akan mudah rusak. Padahal beras tersebut nantinya akan dibagikan ke masyarakat.

Tags
Provinsi
Penulis: Dedi Sutomo
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help