Cicipi Kelezatan Coto Makassar, Kuahnya Gurih Kaya Rempah, Makin Nikmat Disantap dengan Buras

Bagi yang pertama melihat tampilan coto ini mungkin menyangka mengandung kuah santan, padahal sama sekali bebas santan.

Cicipi Kelezatan Coto Makassar, Kuahnya Gurih Kaya Rempah, Makin Nikmat Disantap dengan Buras
Tribunlampung/Dennish
Coto Makassar 

Laporan Reporter Tribun Lampung Dennish Prasetya

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Nikmatnya sajian berkuah coto Makassar kini bisa Anda jumpai di sebuah restoran yang menyediakan makanan khas Makassar, di Jalan ZA Pagaralam, No. 86 AB, samping Star Rock, Bandar Lampung. Restoran ini menawarkan menu khas Sulawesi dan Makassar yang kaya rempah.

Citarasa coto Makassar ini sangat berselera, apalagi disantap saat masih panas dan cuaca sedang hujan, hmm...dijamin sangat nikmat. Makanan tradisional khas Makassar ini jarang dijumpai di Bandar Lampung, padahal peminatnya cukup tinggi.

Outlet Coto Makassar di ZA Pagaralam, No. 86 AB, Bandar Lampung.
Outlet Coto Makassar di ZA Pagaralam, No. 86 AB, Bandar Lampung. (Tribunlampung/Dennish)

"Saya buka di Lampung karena saya melihat sejauh ini belum ada lokasi kuliner yang menyajikan makanan khas Sulawesi dan Makassar," ujar Baba Hengki pemilik coto makasar, Selasa (14/3/2017).

Pada kuah terdapat berbagai potongan jeroan sapi seperti hati, lidah, jantung, babat, daging, dan paru. Pihaknya menyajikan hidangan itu bersama dengan ketupat dan buras, yaitu penganan serupa dengan lontong yang dimasak menggunakan santan.

Tidak hanya itu, tersedia juga minuman yang tidak kalah nikmat yakni buah markisa asli Makassar. Minuman itu sangat cocok menemani santap siang pencinta kuliner.

Menikmati coto Makasar paling sedap diracik dengan sambal rawit pedas, perasan jeruk dan bila suka manis bisa dicampur kecap. Menikmati sajian ini pun ada caranya, ketupat yang sudah dibelah dua cukup taruh ditelapak, ambil pakai sendok lalu makan bersama kuah. Selain ketupat ada pilihan lontong daun pisang bagi yang suka.

Coto Makassar3
Coto Makassar3 (Tribunlampung/Dennish)

Bagi yang pertama melihat tampilan coto ini mungkin menyangka mengandung kuah santan, padahal sama sekali bebas santan.

Yang membuat kuahnya sedikit kental dan berwarna kecoklatan adalah penggunaan bahan kacang tanah yang diracik bersama rempah-rempah.

Rempah yang begitu kaya yang bercampur dengan nikmatnya daging sapi yang begitu gurih membuat hidangan coto Makasar benar-benar menggoda.

"Baru pertama saya mencoba rasanya gurih enak, bumbunya benar-benar meresap, rasa rempahnya terasa banget, pedas enak" ujar Tuti, salah satu penikmat coto makasar

Coto Makassar4
Coto Makassar4 (Tribunlampung/Dennish)

Untuk menikmati sajian ini cukuplah terjangkau, Coto Makasar menyediakan paket Baba Hemat 1 seharga Rp30 ribu termasuk coto, ketupat, teh botol Sosro. Lalu Paket Baba Hemat 2 seharga Rp40 ribu termasuk coto, dua ketupat, dan markisa. Paket Baba Hemat 3 dengan harga Rp32 ribu yakni coto, buras, teh botol Sosro.

Kemudian Paket Baba Hemat 4 Rp32 ribu yang terdiri atas coto, nasi, dan teh botol Sosro. Sementara untuk harga satuan yakni coto Rp25 ribu, ketupat Rp2.500, nasi Rp5.000, dan markisa Rp15 ribu.

Nikmat disajikan saat musim hujan dan lezat disantap saat cuaca panas, itulah coto makasar. Penasaran? yuk, datang dan nikmati kelezatannya.

Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help