Lipstik Tak Hanya Untuk Bibir, Juga Bisa di Organ Intim, Apa Manfaatnya?

Lipstik vagina ini bukan untuk memberi warna pada vagina kita, namun untuk merawat vagina kita untuk tetap terjaga kelembapan dan kebersihannya.

Lipstik Tak Hanya Untuk Bibir, Juga Bisa di Organ Intim, Apa Manfaatnya?
dok. Kompas.com
Ilustrasi. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kaum perempuan, tahukah Anda ternyata kini lipstik tak hanya digunakan untuk bibir, tapi juga bisa digunakan untuk vagina. Tentunya bukan sembarang lipstik mengingat fungsinya untuk organ intim perempuan.

Lipstik vagina ini bukan untuk memberi warna pada vagina kita, namun untuk merawat vagina kita untuk tetap terjaga kelembapan dan kebersihannya.

Lipstik vagina memang diklaim dibuat dari bahan-bahan organik seperti minyak alpukat organik dan madu, serta berguna untuk menghilangkan gatal pada vagina dan menjaga vagina tetap bersih.

Lalu di mana tepatnya lipstik harus digunakan di vagina? Bibir labia bagian luar adalah tempat yang tepat untuk mengoleskan lipstik. Ingat bukan vagina sebelah dalam.

Namun sebenarnya apa, sih, fungsi lipstik vagina?  

Ternyata lipstik berguna untuk membersihkan vagina sehingga tidak berjamur juga untuk menjaga kelembapan.

Namun, menurut Prof. Dr. dr. Andrijono, SpOG(K) yang juga praktik di RS Cipto Mangunkusumo ini menjelaskan, vagina kita sebenarnya tak memerlukan produk apapun untuk menjaga kebersihan.

“Sebetulnya sudah tidak perlu, vagina tak perlu kita bersihkan dengan produk-produk tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, vagina sendiri sudah memiliki kuman yang seimbang, sehingga bila kita membersihkannya, justru akan menghilangkan kuman-kuman yang sebenarnya dibutuhkan oleh vagina kita.

Jika menggunakan benda-benda asing tadi, risikonya kuman-kuman patogen atau kuman yang bisa mengganggu kesehatan dan fungsi vagina justru akan berkembang. “Bila itu terjadi, maka akan muncul banyak keluhan, seperti radang vagina dan keputihan,” jelasnya.

Dan tak hanya lipstik vagina, dr. Andrijono juga menyarankan lebih baik kita untuk menghindari produk-produk pembersih dan antiseptik vagina lainnya. Setuju atau penasaran ingin mencoba?

Editor: Reny Fitriani
Sumber: Tabloid Nova
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help