KTP-El Dianggap Tidak Berlaku Buat Pengurusan Bank?

Yth Disdukcapil Bandar Lampung. KTP-El saya tertera masa berlakunya Januari 2017, akan tetapi tidak saya perpanjang karena otomatis berlaku seumur hid

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Yth Disdukcapil Bandar Lampung. KTP-El saya tertera masa berlakunya Januari 2017, akan tetapi tidak saya perpanjang karena otomatis berlaku seumur hidup.

Tapi kenapa di urusan perbankan (pengajuan KUR) KTP-El saya tidak berlaku dan saya kata orang banknya harus ke Disdukcapil untuk minta surat sekadar mengetahui bahwa KTP-El saya memang seumur hidup. Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6282186068xxx

Pihak Bank Semestinya Maklum

Kami sampaikan bahwa kepada pihak bank dan sebagainya harus maklum karena KTP-El tersebut statusnya berlaku secara otomotis sehingga tidak perlu lagi memakai surat keterangan.

Hal tersebut sudah sesuai dengan Surat Edaran Mendagri No. 470/295/SJ, tertanggal 29 Januari 2016, KTP-El berlaku se umur hidup. Dalam pasal 101 huruf C UU 24/2013 diamanatkan bahwa e-KTP berlaku seumur hidup, dan tidak perlu diperpanjang.

Bagi kepemilikan KTP-El yang diterbitkan sejak tahun 2011 secara otomatif berlaku seumur hidup dan tidak perlu diperpanjang walau tertera masa berlakunya.

Namun jika lembaga tertentu tersenut masih mengingankan untuk diketahui Disdukcapil maka dipersilahkan untuk anda dapat mendatangi kantor Disdukcapil Bandar Lampung.

A. Zainuddin
Kadisdukcapil Bandar Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help