TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) 2.705 Tenaga Kontrak Difasilitasi BPJS Ketenagakerjaan

BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan Jaminan Kecelakaan Kerja

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Bandar Lampung menyerahkan secara simbolis kartu kepesertaan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian kepada 2.705 tenaga kontrak dan honorer di lingkungan pemerintahan Provinsi Lampung. Penyerahan tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri di Lapangan Korpri Kantor Gubernur, Jumat (17/3) pagi.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bandar Lampung Tonny Tanamal menjelaskan, tenaga kontrak atau honorer yang sudah memegang kartu tersebut, apabila terjadi risiko kecelakaan kerja, mereka mendapatkan perlindungan mulai dari berangkat bekerja, selama tugas di kantor maupun di luar kantor sampai dengan pulang ke rumah kembali.

"Jadi kita sudah penandatanganan kerjasama dengan Pemprov Lampung, selama 4 tahun kedepan 2.705 mereka sudah kita cover. Kalau mereka bawa kartu itu bisa datang ke rumah sakit atau klinik yang sudah kerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, sistemnya pun sudah online jadi langsung bisa dilayani," jelasnya Jumat (16/3).

Apabila peserta yang bersangkutan mengalami kecelakaan kerja, maka diberi perlindungan mulai dari proses dirawat, cacat bahkan hingga meninggal. Tambahan pula, biaya transportasi, biaya selama tidak bekerja dan santunan cacat sesuai penetapan dari dokter apabila yang bersangkutan cacat. Apabila yang bersangkutan meninggal, maka ahli waris akan mendapatkan santunan sebesar Rp 106 juta.

"Kita berikan perawatan sampai sembuh, kecuali untuk rawat inap itu dilindungi di rumah sakit pemerintah kelas 1. Memang belum semua kabupaten, tahun lalu kita sudah di Lampung Selatan sebanyak 1.540 orang, Pringsewu hampir 1.000 orang per Januari 2017, hari ini dengan pemprov sebanyak 2.705 orang dan segera menyusul di Tanggamus ada hampir 4.000 orang," imbuh Tonny.

Sementara itu, Wakil Gubernur Lampung Bachtiar Basri menjelaskan pemberian kartu kepesertaan JKK dan Jaminan Kematian BPJS Ketenagakerjaan ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan tenaga kontrak atau honorer di pemprov Lampung. Hal ini dibarengi dengan peningkatan gaji dari Rp 1,3 juta menjadi Rp 1,8 juta. (ana)

Tags
BPJS
Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help