TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Bank Indonesia Resmikan Layanan Kas Titipan Liwa

Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Lampung melakukan penandatanganan kerjasama layanan kas titipan dengan PT. Bank Rakyat Indonesia

Laporan Reporter Tribun Lampung Ana Puspita Sari

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Lampung melakukan penandatanganan kerjasama layanan kas titipan dengan PT. Bank Rakyat Indonesia Kantor Cabang Liwa Jumat (17/3) pagi. Bertempat di Kantor Wilayah Bank BRI Cabang Bandar Lampung, penandatanganan ini juga disaksikan oleh Anggota Komisi XI DPR RI Isma Yatun.

Kepala Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah Lampung Arief Hartawan menyakan, layanan kas titipan ini sebagai salah satu wujud kerjasama Bank Indonesia dengan perbankan dalam melaksanakan distribusi uang rupiah maupun layanan perkasan kepada masyarakat.

"Penunjukan bank berdasarkan kesepakatan bank serta melalui analisis Bank Indonesia mengenai infrastruktur, keamanan, sarana dan prasarana serta layanan termasuk SDM yang secara khusus melayani kas titipan," jelasnya didampingi oleh Deputi Gubernur Bank Indonesia Sugeng dan Pimpinan Wilayah Bank BRI Cabang Bandar Lampung Yoshua Palti Hutapea.

Selain Bank BRI, juga telah ditunjuk bank peserta dalam layanan kas titipan ini. Antara lain, Bank Mandiri, Bank BNI , Bank Lampung, Bank Syariah Mandiri, dan Bank Muamalat. Bank BRI dipercaya untuk melayani bank peserta karena sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan sebelumnya.

Layanan kas titipan Kota Liwa merupakan yang kedua di Lampung. Sebelumnya tepatnya pada tahun 2016, Bank Indonesia juga bekerjasama dengan Bank BRI mengadakan layanan kas titipan di Bank BRI Cabang Kotabumi. Secara nasional, kas titipan Kota Liwa adalah yang ke-65.

Liwa sendiri dipilih karena letaknya yang sangat strategis yang menjadi lalu lintas jalan darat dari Sumatera Selatan, Bengkulu dan Lampung. Kemudian, Liwa menjadi pusat perdagangan dan Liwa sedang berkembang baik kegiatan ekonomi maupun kegiatan pariwisatanya.

Ketiga, kebutuhan uang tunai sebagai alat pembayaran terutama saat musim panen kopi menjadi sangat tinggi. Kondisi tersebut sering mengakibatkan ketersediaan uang tunai di perbankan Liwa mengalami kekurangan. Adanya layanan kas titipan tersebut diharapkan mampu menjawab masalah ini.

Di tempat yang sama, Pimpinan Wilayah Bank BRI Cabang Bandar Lampung Yoshua Palti Hutapea menyatakan kesiapan pihaknya untuk memberikan layanan di kas titipan ini. Kesiapan tersebut mulai dari sarana keamanan seperti ketersediaan CCTV, sampai dengan tenaga kerja yang dilatih khusus untuk melayani bank-bank peserta.

"Tentunya kami siapkan segala infrastruktur seperti yang dipersyaratkan oleh Bank Indonesia. Intinya kami siap supaya tujuan kas titipan ini untuk melayani peredaran yang bagus untuk masyarakat bisa diwujudkan. Untuk kas titipan di Kotabumi sejauh ini tidak ada keluhan dari bank-bank yang dilayani, mungkin karena itulah kami dipercaya lagi untuk layanan kas titipan ini," ujarnya. (ana)

Penulis: Ana Puspita Sari
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help