TribunLampung/
Home »

Video

Berita Video Tribun Lampung

(VIDEO) Pasien Antusias Belajar Cuci Tangan Benar

Suasana Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek Jumat (17/3) pagi terlihat beda. Puluhan pegawai rumah sakit beserta para perawat nampak berkeliling

Laporan Reporter Tribun Lampung Yoga Noldy Perdana

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Suasana Rumah Sakit Umum Abdoel Moeloek Jumat (17/3) pagi terlihat beda. Puluhan pegawai rumah sakit beserta para perawat nampak berkeliling mengajari semua orang yang ada, mulai dari pasien, hingga keluarga pasien untuk mencuci tangan yang benar.

"Kegiatan cuci tangan serentak ini dalam rangka memperingati HUT Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang ke-43. Sebelum peragaan mencuci tangan, tim terlebih dahulu memberikan penyuluhan," ujar Kabag Humas RSUDAM, Akhmad Sapri, kemarin.

Di setiap titik sosialisasi gerakan mencuci tangan dikomandoi sekitar lima orang dari pihak PPNI bersama perangkat rumah sakit. Awalnya mereka memberikan teori mengenai langkah mencuci tangan dengan baik, dilanjutkan dengan praktik yang diikuti oleh pasien dan pengunjung.

Pasien dan keluarga pasien yang mengikuti gerakan sosialisasi cuci tangan ini terlihat antusias dan senang. Salah satunya Mustika (34). Ia yang sedang berada di RS mengaku, sangat senang dengan kegiatan itu. Dia juga mengaku bahwa selama ini cara mencuci tangannya ternyata salah.

"Cara cuci tangan dengan enam tahap, rupanya seperti itu gerakan yang benar. Mencucui tangan sebelum dan sesudah makan juga. Wah jadi selama ini saya salah cara cuci tangannya, kadang gak pakai sabun, dan pakai sabun juga caranya masih salah. Alhamdulillah sosialisasi ini bermanfaat," ujarnya.

Sementara itu Ketua Komisariat PPNI RSDUAM Abdul Kadir Zaelani mengatakan, sosialisasi mencuci tangan ini dilakukan serentak secara nasional dengan sasaran masyarakat umum. Untuk di Abduk Moeloek dilakukan di beberapa area. Acara gerakan mencuci tangan ini juga dilakukan di Lapangan Korpri bersama wakil gubernur Lampung dan ketua DPRD Lampung.(yga)

Tags
RSUDAM
Penulis: Yoga Noldy Perdana
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help