TribunLampung/

60 Persen Koperasi di Pringsewu Tidak Aktif

Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pringsewu mencatat kurang lebih dari 60 persen koperasi di Bumi Jejama Secancanan

Laporan Reporter Tribun LampungR Didik Budiawan

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, PRINGSEWU - Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Pringsewu mencatat  kurang lebih dari 60 persen koperasi di Bumi Jejama Secancanan tidak aktif. Prosentase tersebut terdata dari jumlah koperasi yang terdaftar di Diskoperidag.

Kepala Bidang Koperasi Diskoperindag Pringsewu Masjidah mengungkapkan, jumlah koperasi yang terdaftar itu sebanyak 172 koperasi. Akan tetapi, dari total tersebut yang aktif hanya 75 koperasi atau 43,6 persennya. Sedangkan yang vakum sebanyak 97 koperasi atau 56,4 persen.

Tidak aktifnya komperasi bisa terlihat karena tidak melaksanakan RAT (Rapat Anggota Tahunan).

"Sesuai ketentuannya, koperasi tidak melaksanakan RAT dua tahun berturut-turut  dinyatakan tidak aktif," kata Masjidal mewakili Kadiskoperindag Pringsewu Maryati saat menghadiri RAT Koperasi Credit Union Artha Mandiri, Minggu (19/3) di Balai Pekon Pandan Surat Kecamatan Sukoharjo.

Masjidah mengatakan, yang menyatakan koperasi tersebut tidak aktif adalah pemerintah pusat. Sebab, ketika setiap koperasi usai melaksana RAT itu melaporkan ke Diskoperindag, selanjutnya di-upload ke database pusat.

Tags
Pringsewu
Penulis: Robertus Didik Budiawan Cahyono
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help