Apa Hukum Pengajian Hingga Tengah Malam?

setiap malam Jumat selalu ada pengajian tetapi dilaksanakan mulai jam 23.00 WIB sampai selesai tengah malam dan memakai pengeras suara.

Laporan Reporter Tribun Lampung Eka A Solihin

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Kepada Yth Ketua MUI Lampung. Saya mau tanya di sebelah rumah saya yang terletak di Rt 03 lk2 Kel. Perwata, Telukbetung Timur (TbT) setiap malam Jumat selalu ada pengajian tetapi dilaksanakan mulai jam 23.00 WIB sampai selesai tengah malam dan memakai pengeras suara.

Setelah itu mereka pada ngobrol sambil ketawa ketawa suaranya cukup menggangu warga yang sedang istirahat atau tidur. Apakah hukumnya secara agama Islam diperbolehkan hal seperti itu? Terima kasih atas penjelasannya.

Pengirim: +6285279929xxx

Tidak Dilakukan Jika Nilai Kejelekan Lebih Besar

Kami terangkan bahwa semua bentuk ibadah ketika dilakukan akan dapat pahala dan terhitung (digolongkan) sebuah amal kebaikan. Hal ini tidak dilihat dimana dan kapan ibadah tersebut dikerjakan.

Sedangkan perbuatan yang menganggu atau menyakiti orang lain terhitung perbutan berdosa dan digolongkan amal perbuatan jelek. Hal ini juga tidak dilihat kapan perbuatan tersebut dilakukan, kadang disengaja atau tidak disengaja seperti sedang beribadah seperti pengajian tengah malam.

Maka untuk menyikapi kasus yang ditanyakan di atas, yaitu kegiatan pengajian tapi ada orang yang merasa terganggu.
Dalam hal ini Islam memberi jalan tengah, yaitu amal kebaikan tersebut akan dikurangi amal kejelekan yaitu mengganggu/menyakiti orang lain.

Dan jika nilai kejelekan lebih besar dibandingkan nilai kebaikan maka sebaiknya amal perbuatan tersebut tidak dilakukan.

KH. Munawir
Ketua Komisi Fatwa MUI Lampung

Penulis: Eka Ahmad Sholichin
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help