BMKG Minta Warga Tak Khawatir Equinox

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung mengimbau masyarakat untuk tak khawatir terkait dampak dari equinox

Laporan Reporter Tribun Lampung Yoga Noldy Perdana

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Lampung mengimbau masyarakat untuk tak khawatir terkait dampak dari equinox yang dikabarkan akan melanda Indonesia.

Kasi Data BMKG Lampung, Rudi Harianto mengatakan, equinox merupakan fenomena di mana matahari ada di lintasan garis khatulistiwa dan terjadi dalam dua kali dalam setahun. "Untuk di Indonesia sendiri khususnya di Lampung, fenomena equinox ini tidak seekstrim yang diberitakan seperti di Afrika. Jadi kabar suhu ekstrim yang kabarnya panasnya mampu melelehkan aspal jalan itu hoax," ujar Rudi.

Ia juga mengatakan, di Lampung sendiri pada saat equinox terjadi, justru tidak ada dampaknya. Suhu panas saat terik akan seperti biasanya atau berkisar 33-34 derajat celcius. Seperti diketahui, tersiar kabar bahwa equinox akan membuat cuaca sangat panas, bisa sampai 40 derajat.

Sementara, Agus (34), warga Kemiling yang mengetahui bakal adanya fenomena equinox ini mengaku tiba-tiba menjadi takut untuk bepergian. Menurut informasi yang banyak ia baca di medsos, equinox tersebut bisa mempengaruhi daya tahan tubuh dan efek buruk lainnya.(yga)

Tags
BMKG
Penulis: Yoga Noldy Perdana
Editor: soni
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help