TribunLampung/

Ini Tips Menerjang Banjir Menggunakan Motor

Nih ada tips menerjang banjir menggunakan motor jika sobat terpaksa harus menerjangnya :

Ini  Tips Menerjang Banjir Menggunakan Motor
Liveleak
motor hanyut. 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID-Tanah Air saat ini sedang memasuki musim penghujan yang banyak bikin jalan bergenang bahkan banjir. Nih ada tips menerjang banjir menggunakan motor jika sobat terpaksa harus menerjangnya :

1. Bawa motor di tempat  banjir engga perlu ngebut. Kenapa? Untuk menghindari cipratan berlebih di ruangan mesin yang berpotensi bikin mogok.

2. Menerjang banjir paling aman pakai gigi. Karena beban motor lebih berat waktu menerjang banjir.

3. Enggak perlu resah urusan knalpot kemasukkan air. Kenapa? Karena knalpot enggak akan bisa kemasukkan air selama mesin tetap menyala.

4. Ketimbang knalpot, yang harus diperhatikan justru filter udara di ruang mesin. Bagian ini lebih rentan bikin mogok di banjir. Karena filter udara yg kemasukkan air (cipratan dari menerjang banjir) bisa bikin mogok.

5. Jika memungkinkan, hindari berhenti di tengah banjir. Karena saat motor berhenti, permukaan air akan naik di ruang mesin.

6. Kenapa engga boleh terlalu di gas waktu lewat banjir? Karena filter udara semakin kuat nyedot udara. Makin berpotensi menghisap air.

7. Selalu siaga dan cermat. Tanpa disadari, yang bikin mogok justru terjangan ombak air berlebih dari kendaraan sebelah.

8. Setelah melewati genangan, jangan langsung mengebut. Cukup berbahaya karena kondisi rem kita masih belum pakem.

9. Cara mengeringkan rem setelah melewati genangan? Cukup lakukan rem kecil berulang hingga terasa menggigit kembali.

10. Jika blum familiar dengan jalan yang dilewati, usahakan jangan melintas pinggir jalan. Ditakutkan ada selokan atau lubang dalam yang membuat sobat terjeblos.(www.motorplus-online.com)

Editor: taryono
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help