Inilah Patung Maung Sancang Siliwangi Pengganti Patung Harimau Lucu Cisewu

Lambangnya harimau, ini bermakna kewibawaan. Ini yang saya bawa merupakan simbol Maung Sancang.

Inilah Patung Maung Sancang Siliwangi Pengganti Patung Harimau Lucu Cisewu
KOMPAS.com/Irwan Nugraha
Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi, memberikan patung harimau baru ke Koramil 1123 Cisewu, Garut, Minggu (19/3/2017). 

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID - Patung harimau lucu di Koramil Cisewu Garut yang sempat viral di media sosial akan diganti patung harimau Sancang.

Patung harimau Sancang tersebut merupakan hadiah dari Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi. Beratnya mencapai 3 kuintal, panjang 4 meter, hasil salah satu perajin di Purwakarta.

“Ini bentuk solidaritas saya sebagai anak tentara, sudah selayaknya saya lakukan,” ujar Dedi yang juga Dewan Pembina FKPPI Jawa Barat, Senin (20/3/2017).

Dedi mengatakan, maung atau harimau bermakna nilai Siliwangi yang mencerminkan kewibawaan. Sementara terkait tampilan patung, menurutnya di sejumlah tempat pun masih didapati bentuk patung Maung Siliwangi yang belum terlihat gagah, bukan hanya di Cisewu.

“Nilai siliwangi itu masuk ke dalam sistem TNI di Jawa Barat dan Banten. Lambangnya harimau, ini bermakna kewibawaan. Ini yang saya bawa merupakan simbol Maung Sancang,” terangnya.

Maung Sancang sendiri dikenal sebagai penjaga dari Prabu Siliwangi. Di beberapa lukisan, termasuk lukisan yang ada di Kodam III Siliwangi memperlihatkan Prabu Siliwangi bersama beberapa harimau.

“Di Jawa Barat ada 360 patung, terdiri dari patung di Danramil hingga Kodam. Penggantian patung yang tidak representatif bisa dikerjasamakan. Untuk beberapa daerah, saya bisa menjadi inisiatornya,” ucapnya.

Danramil Kecamatan Cisewu, Kapten (Inf) Nandang mengucapkan terima kasih atas patung tersebut. Bantuan ini menurutnya menjadi motivasi tersendiri bagi jajarannya untuk lebih proaktif melakukan darma bakti kepada masyarakat Cisewu.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kepedulian Kang Dedi. Ini motivasi buat kami untuk lebih berbakti kepada masyarakat,” ungkap Nandang.

Patung Lodaya

Selain patung harimau Cisewu, Dedi juga akan mengganti patung Lodaya di Polsek Cisompet. Rencananya, patung pengganti dibuat oleh perajin yang sama.

“Sedang dibuat, nanti dikirim,” ujar Dedi yang mengaku sudah mendapat izin dari Kapolda Jabar Irjen Pol Anton Charliyan.

Sebelumnya, patung harimau lucu akan diganti dengan patung harimau buatan salah satu prajurit TNI di Garut. Patung tersebut belum dipasang hingga bantuan patung dari Purwakarta. Patung tersebut rencananya akan dikembalikan ke Kodim Garut.

Penulis: Reni Susanti

Tags
Jawa Barat
Editor: Heribertus Sulis
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help