Urus Paspor, Calon Jamaah Umrah Wajib Bawa Rekomendasi Kemenag

Jika para calon jamaah umrah dan haji khusus tidak membawa rekomendasi dari kemenag kota/kabupaten, maka pembuatan paspor akan ditolak oleh Imigrasi.

Urus Paspor, Calon Jamaah Umrah Wajib Bawa Rekomendasi Kemenag
Tribunlampung/Hanif
Kantor Kemenag Lampung 

Laporan Reporter Tribun Lampung Hanif Mustafa

TRIBUNLAMPUNG.CO.ID, BANDAR LAMPUNG - Kementrian Agama (Kemenag) Lampung akhirnya mengeluarkan peraturan yang mewajibkan calon jamaah umrah dan haji khusus untuk mengajukan surat rekomendasi sebagai kelengkapan paspor.

“Dari senin tgl 13 maret kita sudah keluarkan rekomendasi jika ada calon jamaah umrah atau PPIU yang mengajukan permohonan rekomendasi,” ujar Abdul Basri Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kota Bandar Lampung, Selasa (21/3).

Menurutnya jika para calon jamaah umrah dan haji khusus tidak membawa rekomendasi dari kemenag kota/kabupaten, maka pembuatan paspor akan ditolak oleh Kantor Imigrasi.

Peraturan ini berdasarkan surat dirjen phu nomor : B-7001/Dj.II/Hk.005/03/2017 Tgl 7 Maret 2017 dan Surat Kakanwil nomor : B-306 Bandar Lamp/Kw.06.4/2/Hj.00/01/2017.

Adapun syarat untuk mendapatkan rekomendasi, yakni Surat permohonan rekomendasi yang ditujukan kepada Kepala Kantor Kemenag Kab/Kota.

Kedua surat keterangan/rekomendasi yg ditanda tangani pimpinan PPIU/PIHK/Kantor cabang PPIU/PIHK yg telah mendapat pengesahan dari Kakanwil Kemenag Prov. Lampung yg berisi daftar nama nama calon jamaah umrah/haji khusus  yg bersangkutan.

Kemudian menyerahkan fotocopi SK Izin Operasional sebagai PPIU/PIHK yg masih berlaku. Dan terakhir, fotocopi bukti setoran awal BPIH (bagi calon jamaah haji khusus).

Abdul Basri menambahkan, pengajuan rekomendasi bisa dilakukan langsung oleh jamaah atau diwakili oleh PPIU/PIHK/Keluarga/Kerabat dengan melampirkan surat kuasa.

Editor: Reny Fitriani
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help